Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peringati Harlah NU, Ansor Senori Tuban Pilih Tanam 1000 Pohon

Peringati Harlah NU, Ansor Senori Tuban Pilih Tanam 1000 Pohon
Penanaman 1000 pohon PAC Ansor Senri, Tuban, Jatim (Foto: NU Online/M Nur Rofiq)
Penanaman 1000 pohon PAC Ansor Senri, Tuban, Jatim (Foto: NU Online/M Nur Rofiq)
Tuban, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur peringati Hari Lahir (Harlah) ke-97 NU pilih  mengadakan tanam 1000 pohon pada Jumat (13/3).
 
Penanaman 1000 pohon yang diikuti kader Ansor Bumi Santri (julukan Kecamatan Senori, red) itu, berlangsung di sekitar Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.
 
Ketua PAC GP Ansor Senori H Abdul Muiz mengatakan, selain ditanam di sekitar Kantor MWCNU Senori, 1000 bibit pohon yang terdiri dari pohon petai (Parkis Speciosa), Alpukat (Persea Amirecana) dan Jeruk Keprok (Citrus Reticulata) tersebut, juga dibagi kepada seluruh Pimpinan Ranting (PR) Ansor se-Kecamatan Senori. 
 
"Kami menyemarakkan Harlah NU dengan cara menanam pohon di sekitar Kantor MWCNU dan dibagikan ke ranting kami yang jumlahnya ada 14. Selain itu juga kita bagikan ke Masyarakat," terangnya di Kantor MWCNU.
 
Gus Muis berharap, setelah didistribusikan ke PR Ansor dan masyarakat se-Kecamatan Senori, bibit dapat ditanam dan pelihara dengan baik. Sehingga upaya itu dapat memberikan kemanfaatan secara ekologi dan ekonomi di desa masing-masing.
 
"Harapannya dengan kegiatan ini, bisa mengurangi bencana alam seperti longsor, pemanasan global dan sebagainya. Tentu dampaknya bukan langsung sekarang," tegas Gus Muis.
 
Lebih lanjut diungkapkan Gus Muis, kegiatan tanam pohon tersebut merupakan bentuk syukur menyongsong satu abad NU. Ke depan rencananya bisa melibatkan banyak pihak. 
 
"Tak hanya kegiatan keagamaan dan sosial, melainkan juga menjaga kelestarian alam. Upaya ini adalah wujud dari nilai Hablum Minal Alam, maknanya tentu bisa sangat luas. Tetapi intinya, kita harus memiliki hubungan yang harmonis dengan bumi raya ini lingkungan di mana kita tinggal," imbuhnya.
 
Ketua MWCNU Kecamatan Senori, KH Jauhari Fahmi ikut antusias melibatkan seluruh banom yang dinaunginya dalam menanam 1000 pohon ini. Menurut dia, selain membantu melestarikan alam, dengan kegiatan ini dinilai dapat membantu masyarakat pada aspek ekonomi, karena pohon yang ditanam juga mempunyai nilai ekonomis.
 
"Selaku MWCNU kami mengapresiasi kegiatan yang memiliki nilai manfaat ini. Bahkan, kami berharap kegiatan penghijauan ini bisa dilanjutkan," ucap kiai muda yang akran disapa Gus Jo tersebut. 
 
Kontributor: Mochamad Nur Rofiq
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile