IMG-LOGO
Daerah

Peduli Lingkungan, Ansor Bojonegoro Tanam Ribuan Pohon Produktif


Ahad 15 Maret 2020 19:00 WIB
Bagikan:
Peduli Lingkungan, Ansor Bojonegoro Tanam Ribuan Pohon Produktif
Penanaman bibit pohon produktif oleh Ansor Bojonegoro, Jatim (Foto: NU Online/M Yazid)
Bojonegoro, NU Online 
Sebagai bentuk pengabdian serta wujud cinta lingkungan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengadakan gerakan tanam ribuan pohon, Sabtu (14/3). 
 
"Kegiatan tanam pohon untuk memanfaatkan lahan kosong supaya menjadi lahan yang memiliki produktifitas terutama di sektor tanaman buah," kata Wakil Ketua Ansor bidang Pengabdian Masyarakat Khoirul Muhsinin.
 
Kegiatan yang berlangsung di Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro ditujukan agar memberikan manfaat kepada masyarakat setempat. "Agar masyarakat bisa menikmati hasilnya kelak," ungkapnya.
 
Dikatakan, kegiatan tanam pohon yang dikemas 'Menjaga Kelestarian Lingkungan Menjaga Indonesia' ini difokuskan di bantaran sungai Bengawan Solo. Agar masyakarat terbantu dengan adanya penanaman pohon, termasuk memberikan manfaat dari buah tanaman produktif yang ditanam sekarang ini.
 
Irul panggilan Khoirul Muhsinin mengungkapkan, selain menanam bersama juga menyerahkan sekitar 1.500 bibit tanaman, yang terdiri dari tanaman Jambu Kristal, Alpukat, Jambu Dalhar, Jambu Manalagi, Pete, dan beberapa jenis tanaman lainnya.
 
Ribuan bibit tanaman tersebut diserahkan kepada seluruh masyarakat Desa Cengungklung untuk ditanam di pekarangan rumah. Sehingga bisa dinikmati manfaatnya secara jangka panjang, karena di desa ini masih sedikit tanaman dengan jenis varietas seperti yang diserahterimakan tersebut.
 
"Alhamdulillah, warga bisa mendapat bibit untuk ditanam di pekarangan rumahnya masing-masing," tuturnya.
 
Dijelaskan, kegiatan tanam pohon ini merupakan program kerja PAC GP Ansor Gayam yang sudah direncanakan. Memasuki musim penghujan, agenda tanam pohon barub dilaksanakan sekarang ini.
 
Dalam bakti masyarakat tersebut, perwakilan Pemerintah Desa Cengungklung, Suminto menyambut sangat positif kegiatan ini dan menerima dengan sangat baik oleh warga setempat. Termasuk puluhan warga merelakan untuk turut hadir melakukan penanaman bersama kader Ansor dan Banser di Kecamatan Gayam.
 
"Tanaman produktif ini sangat manfaat sekali, ke depan kami akan menyambut baik program semacam ini lagi jika Ansor berkenan," imbuhnya.
 
Tampak hadir puluhan anggota Ansor dan Banser Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur, puluhan masyarakat desa setempat juga ikut menanam pohon produktif itu. Sebelum menanam bersama, dilakukan penyerahan simbolis bibit dari ketua PAC GP Ansor Gayam, Imam Hambali kepada perwakilan Kepala Desa Suminto selaku Kasun setempat.
 
Kontributor: M Yazid
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG