Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Beberapa Langkah Jaga Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19

Beberapa Langkah Jaga Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19
Ilustrasi. (Foto: via Pixabay)
Ilustrasi. (Foto: via Pixabay)
Jakarta, NU Online
Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) yang telah menyebar ke Indonesia membawa kekhawatiran bagi banyak orang. Dalam rangka mencegah infeksi virus tersebut, siapa pun perlu kiranya untuk menjaga antibodi yang ada pada diri masing-masing.

Antibodi merupakan sejenis protein berukuran kecil yang beredar di aliran darah, dan termasuk sebagai bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Antibodi memiliki fungsi yang penting bagi tubuh karena menjadi benteng pertahanan terhadap berbagai penyakit dan infeksi, termasuk virus corona.

"Jadi imunitas tubuh yang baik pada seseorang itu penting sekali karena dasar utama untuk kesehatan seseorang," kata Pengurus Lembaga Kesehatan PBNU dr Makki Zamzami kepada NU Online, Selasa (17/3) melalui sambungan telepon.

Ia mengatakan, imunitas yang bagus biasanya terdapat pada seseorang yang selalu menjaga pola hidup sehat, seperti makan dan minum yang sehat dan berimbang, olahraga fisik teratur, dan istirahat yang cukup.

Sebaliknya, kata Makki, terdapat beberapa orang yang normal, tapi tidak menjaga pola hidup sehat. Pertama, orang yang kurang istirahat. Menurutnya, orang yang kurang istirahat akan menurunkan daya tahan tubuhnya.

"Pembentukan antibodi saat istirahat itu bagus sekali," ucap pria yang juga menjadi koordintor Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 itu.

Kedua, kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, sehingga berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Makanan-makanan yang mengandung protein sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Sumber protein hewani antara lain berupa seafood, telur, dan produk olahan susu. Sementara protein nabati, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan kedelai.

Ketiga, kondisi di mana seseorang mempunyai penyakit lain, seperti diabetes. Kalau diabetes tidak terkontrol, maka sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang tubuh sendiri.

"Itulah kondisi di mana seseorang bisa terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya turun," ucapnya.

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Fathoni Ahmad
Posisi Bawah | Youtube NU Online