Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Arsinu Apresiasi Para Tenaga Medis Tangani Pasien Covid-19

Arsinu Apresiasi Para Tenaga Medis Tangani Pasien Covid-19
Para petugas medis di sebuah rumah sakit di Tulungagung sedang menangani pasien dalam pengawasan Covid-19. (Foto: Antara)
Para petugas medis di sebuah rumah sakit di Tulungagung sedang menangani pasien dalam pengawasan Covid-19. (Foto: Antara)
Jakarta, NU Online
Para tenaga medis yang terdiri atas dokter, perawat, dan seluruh civitas hospitalia (rumah sakit) kini menjadi garda terdepan dalam menangani pasien yang terduga atau pun sudah terinfeksi virus corona atau Covid-19. Mereka melayani pasien selama 24 jam.

Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (Arsinu) H Mohamad Zulfikar As’ad melalui video yang dibagikan kepada NU Online, Kamis (19/3) mengapresiasi tenaga medis yang terus bergerak dan menangani Covid-19.

"Yang pertama yaitu apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para dokter, perawat dan segenap civitas hospitalia yang merupakan garda terdepan dalam menghadapi dan merawat, memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang terkena virus corona tersebut. Untuk itu saya berharap mudah-mudahan mereka diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta'ala," kata Zulfikar.

Pada video yang berdurasi 2 menit 34 detik itu, Zulfikar juga menyatakan bahwa pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menentukan status Corona di Indonesia ini agar mendukung segala kebutuhan rumah sakit.

"Kami berharap juga agar support dan fasilitas (pemerintah) yang terbaik untuk para rumah sakit, sehingga mempermudah rumah sakit dalam melayani masyarakat," kata pria yang kerap disapa Gus Ufik ini.

Tidak ketinggalan, ia juga meminta masyarakat untuk mengikuti imbauan dari pemerintah agar tidak terjangkit Covid-19, seperti menjalani hidup sehat, social distancing atau menjaga jarak satu sama lain, menjauhi keramaian, dan tidak menyebarkan berita hoaks terkait Covid-19.

"Ini semua adalah bentuk ikhtiar, bentuk upaya kita sebagai manusia. Oleh karena itu kita sebagai orang beriman harus senantiasa bertawakal agar kita secara imunitas bisa meningkat dan secara keyakinan tetap dalam iman kepada Allah tidak lupa mendekatkan diri dan berdoa kepada Allah SWT," terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas melalui video conference bersama para menteri dan Tim Gugus Tugas Covid-19. Pada rapat tersebut, Jokowi meminta perlindungan yang maksimal kepada para tenaga kesehatan.

Jokowi juga meminta alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan disiapkan. Sebab, mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Fathoni Ahmad
Posisi Bawah | Youtube NU Online