IMG-LOGO
Nasional

Terkait Corona, Kiai Said Imbau Umat Islam Ikhtiar Lahir Batin


Jumat 20 Maret 2020 21:45 WIB
Bagikan:
Terkait Corona, Kiai Said Imbau Umat Islam Ikhtiar Lahir Batin
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj. (Foto: M Sofwan)
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengimbau warga NU khususnya dan umat Islam pada umumnya untuk meningkatkan keimanan dan menerima ketentuan Allah terhadap merebaknya virus corona atau Covid-19.
 
"Mari kita tingkatkan iman, tawakal, ridha, menerima ketentuan dari Allah di saat-saat kita sedang berada dalam keadaan prihatin dengan merebaknya wabah Covid-19 yang kita alami sekarang ini," kata Kiai Said pada Jumat (20/3).
 
Kata Kiai Said, siapa pun harus berikhtiar secara lahir agar terhindari dari segala macam bencana, termasuk terjangkit Covid-19. Ikhtiar untuk menghindari bahaya merupakan perintah dari Allah sebagaimana tertera dalam Surat An-Nisaa ayat 29.
 
وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
 
"Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." (QS. An Nisaa’: 29).
 
"Mari kita usaha. Ketika sakit kita berobat, ketika ada wabah, kita pun harus berusaha menghindar," kata Kiai Said.
 
Kiai alumnus Universitas Ummul Qura, Makkah, Arab Saudi itu mengungkapkan bagaimana Khalifah Umar Bin Khattab yang tidak jadi melanjutkan perjalanan ke Damaskus karena sang khalifah mendengar adanya wabah tha'un (penyakit sampar, pes, lepra) di daerah tersebut. Khalifah Umar kemudian kembali ke Madinah. 
 
Kiai Said mengingatkan bahwa upaya menjaga diri agar tidak terjangkit Covid-19 bisa mengikuti saran dari medis, seperti melakukan pola hidup sehat, menghindari keramaian, sering mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas yang tidak penting.
 
Selain ikhtiar lahir, sambungnya, diharuskan juga ikhtiar secara batin, yakni dengan sering membaca doa. Berikut beberapa doa yang bisa dibaca:
 
-أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
-بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ، وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

"Itulah doa yang sering kita terima dari para kyai, para ulama kita, di samping doa-doa yang lain termasuk qunut nazilah," ucapnya.
 
Pewarta: Husni Sahal
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG