Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Pesantren Darul A'mal Metro Tunda Haul dan Khatmil Qutub

Cegah Covid-19, Pesantren Darul A'mal Metro Tunda Haul dan Khatmil Qutub
Pendiri Pesantren KH Khusnan Musthofa Ghufron dan Nyai Hj Siti Muntamah. (Foto: Istimewa)
Pendiri Pesantren KH Khusnan Musthofa Ghufron dan Nyai Hj Siti Muntamah. (Foto: Istimewa)
Metro, NU Online
Memperhatikan arahan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan kebijakan pemerintah terkait antisipasi Corona Virus 2019 (Covid-19), Pondok Pesantren Darul Amal, Kota Metro, Lampung melakukan penundaan kegiatan akbar Haul Pendiri Pesantren KH Khusnan Musthofa Ghufron dan Nyai Hj Siti Muntamah serta Takhtiman Kitab Alfiyyah Ibnu Malik.
 
Acara yang dijadwalkan bakal digelar 22 Maret 2020 itu akhirnya ditunda setelah panitia berkonsultasi dengan jajaran masyayikh dan berkoordinasi dengan Kementerian Agama setempat pada 17 Maret 2020. 
 
"Kami memegang prinsip para ulama bahwa درء المفاسد مقدم على جلب المصالح. mencegah kerusakan harus diutamakan dari pada menarik kebaikan," demikian disampaikan Ketua Umum Yayasan Darul A'mal Lampung Gus Kodrattulloh Sidiq Khusnan.
 
Pengajian akbar ini lanjutnya akan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ia pun meminta pada para santri dan alumni yang mengetahui info penundaan ini, menyampaikan kepada yang lain, mengingat sudah banyak undangan yang dikirimkan ke daerah-daerah.
 
Salah satu alumni pesantren tersebut Taufiqurrohman Hs kepada NU Online mengatakan, seyogyanya acara ini akan menghadirkan salah satu kiai sepuh NU asal Purworejo Jawa Tengah KH Achmad Chalwani Nawawi. 
 
"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pasti dihadiri oleh puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah," kata Taufik yang merupakan kerua alumni di Jabodetabek.
 
Selain penundaan kegiatan tersebut, rangkaian kegiatan lainnya berupa Ziarah Wali pun harus ditunda karena mewabahnya Covid-19 ini. 
 
Kebijakan seperti Pesantren Darul Amal juga dilakukan beberap pesantren di Provinsi Lampung. Walaupun berdasarkan informasi, baru satu orang yang terkena virus Corona di Lampung, namun berbagai agenda kegiatan besar di berbagai pesantren di Lampung ditunda sementara.
 
Di antaranya kegiatan wisuda Pesantren Al Husna dan Baitul Quran yang diagendakan pad 29 Maret harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Begitu juga di Pesantren Riyadltut Thalibin, Pardasuka, Panitia menunda acara Khatmil Qutub yang akan dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar pada bulan ini.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile