Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Ansor Ajibarang Banyumas Bagikan Sabun Cuci Tangan Gratis

Cegah Covid-19, Ansor Ajibarang Banyumas Bagikan Sabun Cuci Tangan Gratis
Pembagian sabun cuci gratis kepada warga oleh Ansor Ajibarang, Banyumas (Foto: Kifayatul Ahyar)
Pembagian sabun cuci gratis kepada warga oleh Ansor Ajibarang, Banyumas (Foto: Kifayatul Ahyar)
Banyumas, NU Online
Untuk mencegah persebaran virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah melakukan aksi membagikan ratusan boks sabun cuci tangan gratis kepada masyarakat. 
 
Kegiatan ini dilakukan Jumat (20/3) siang di Masjid Al-Ikhlas Desa setempat mendapat sambutan baik dari seluruh jamaah Jumatan yang hadir dan merek dengan senang hati menerimanya. 

Kordinator Aksi Indra mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk ikhtiar Ansor Banser Jingkang untuk mencegah persebaran virus Corona yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. 
 
"Kita harus saling melindungi satu sama lain dan harus saling menjaga agar terhindar dari marabahaya virus Corona," katanya. 
 
Indra juga menjelaskan, salah satu cara untuk mencegah atau terhindar dari virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. 
 
Banyak cara yang telah diumumkan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona, antara lain memakai masker ketika keluar rumah, memakai gel pencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak 1 meter dengan orang lain. 
 
"Cara yang paling mudah untuk dilakukan orang-orang desa adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun," tegasnya. 

Imam Masjid Al-Ikhlas Kiai Masduki menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Ansor Banser Jingkang tersebut. Dirinya menyampaikan terima kasih atas rasa kepeduliannya terhadap masyarakat. 
 
"Saya atas nama pribadi dan masyarakat di sini mengucapkan terima kasih atas kepedulian kader Ansor Banser Jingkang, meskipun kecil tapi sangat bermanfaat sekali bagi kebersihan masyarakat," jelasnya. 
 
Kiai Masduki juga berpesan, agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. 
 
Merebaknya virus Covid-19 di berbagai daerah di tanah air menjadikan berbagai aktivitas di lingkungan NU, Badan Otonom dan lembaga yang berkaitan dengan pengumpulan massa ditunda pelaksanaannya. 
 
Hal itu sesuai arahan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan pemerintah terkait hal-hal kegiatan yang berpotensi pengumpulan massa untuk ditunda sementara waktu.
 
"Apa yang dilakukan kader-kader Ansor di Jingkang, Ajibarang, Banyumas untuk mengajarkan kepada masyarakat berperilaku idup sehat sekaligus mencegah terjangkitnya virus Corona di wilayah ini," pungkas Indra.
 
Kontributor: Kifayatul Ahyar
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile