IMG-LOGO
Nasional

Tangkal Covid-19, Pola Hidup Sehat Harus Terus Dijaga


Ahad 22 Maret 2020 16:00 WIB
Bagikan:
Tangkal Covid-19, Pola Hidup Sehat Harus Terus Dijaga
Menjaga pola hidup sehat di antaranya dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Makanannya harus mengandung banyak vitamin, protein, mineral.
Jakarta, NU Online
Virus corona atau Covid-19 tengah melanda sebagian besar negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Di tengah kondisi penularan wabah yang berlangsung secara cepat ini, pemerintah dan tenaga medis selalu mengingatkan masyarakat untuk menerapakan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Pengurus Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) Helwiah Umniyati misalnya menekankan masyarakat agar terus menjaga pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Makanannya harus mengandung banyak vitamin, protein, mineral.

Menurut Helwy, vitamin dan mineral bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan secara umum disebutnya baik, tapi kalau mau secara spesifik vitamin C maka bisa mengonsumsi seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan pepaya.

Sementara untuk sayur-sayuran secara spesifik seperti, brokoli dan wortel. Adapun untuk protein bisa diperoleh melalui lauk, seperti ikan dan daging.

"Jadi sebenarnya asal dia memenuhi kebutuhan gizinya itu dengan baik, itu salah satu benteng buat dia untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya," kata Helwy kepada NU Online, Ahad (22/3).

Namun perempuan yang juga akademisi  Universitas Yarsi itu menyatakan bahwa selain mengonsumsi makanan, sayur, dan buah, istirahat dan olahraga juga harus dilakukan dengan cukup. Istirahat secara normal dilakukan selama 8 jam. Sementara olahraga secara rutin dilakukan cukup 3 kali dalam seminggu.

"Jadi memang harus dikombinasi, tidak hanya makanan saja," ucapnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan masyarakat ialah dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Berjemur disebutnya cukup dilakukan selama 15 menit.
 
Menurutnya, dengan berjemur, tubuh seseorang sedang diaktifkan oleh sinar matahari yang cukup bisa merangsang produksi vitamin D alami dalam tubuh.

Ia menambahkan, masyarakat juga harus rajin mencuci tangan pakai sabun dan air yang digunakannya mengalir. Kalau tidak memungkin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, maka alternatifnya bisa menggunakan hand sanitizer.

"Ini (cuci tangan pakai sabun dan kondisi airnya mengakir) penting banget dalam kondisi sekarang ini dengan adanya Covid-19 ini," ucapnya.

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG