IMG-LOGO
Daerah

Respons Corona, Pesantren Online Rumi Gelar Lomba Pidato Youtube


Ahad 22 Maret 2020 21:00 WIB
Bagikan:
Respons Corona, Pesantren Online Rumi Gelar Lomba Pidato Youtube
Poster lomba pidato Youtube Pesantren Radlatul Ulum.
Banda Aceh, NU Online
Pesantren Online Raudlatul Ulum Aceh dan Cyber Dakwah mengadakan lomba pidato youtube tingkat pelajar se-Aceh tahun 2020. Lomba ini sebagai respons terhadap virus corona yang membuat para siswa harus belajar dari rumah.

Lomba ini bisa diikuti oleh semua pelajar tingkat SMP/MTs dab SMA/SMK/MA. Periode pertama lomba telah dimulai sejak tanggal 19 Maret, dan berakhir pada tanggal 17 April 2020.
 
Ketua Panitia Lomba, Ustadz Arsyad mengatakan lomba ini juga dimaksudkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.
 
"Lomba ini juga bertujuan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang sudah di depan mata. Jangan sampai kita sibuk dengan virus Corona, tapi lupa menyiapkan diri menyambut bulan mulia," jelasnya, Ahad (22/3).
 
Untuk mengikuti lomba ini, peserta hanya perlu merekam pidatonya melalui smartphone atau kamera. Hasil rekaman kemudiandi unggah ke Youtube. Peserta juga harus mengisi formulir pendaftaran secara online.
 
Peserta dapat memilih tema pidato yang ingin diikutsertakan seperti Islam dan pemuda, semangat pemuda, cerdas bersosial media, pelajar di era digital, materi tentang Ramadhan, corona dan cara menyikapinya, generasi muda harapan agama dan bangsa, pesantren sebagai lembaga pendidikan favorit, dan mengembalikan kejayaan Aceh sebagai Serambi Makkah.
 
"Peserta lomba ini tidak dipungut biaya apa pun, peserta cukup mengikuti syarat yang telah ditentukan oleh panitia. Semua tahapan perlombaan ini dilakukan secara online," imbuhnya.
 
Penilaian untuk lomba ini melingkupi penguasaan materi pidato, retorika, intonasi, dan kualitas video. Adapun dewan juri lomba di antaranya KH Saiful Islam Al-Payage (Dai Nasional), Tgk Rahmat Saputra (Dai dan Trainer International), Tgk Asnawi M Amin (Sekretaris PWNU Aceh).
 
Arsyad yang juga dosen di STAIN Meulaboh mengatakan Lomba Pidato Youtube ini adalah inisiatif dari Pesantren Online Rumi (Raudlatul Ulum), lembaga pendidikan Islam yang menyajikan sistem pembelajaran terintegrasi, offline dan online melalui pesantren.cyberdakwah.com.
 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG