Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jundullah, Tentara Allah

Jundullah, Tentara Allah
Ilustrasi humor. (NU Online)
Ilustrasi humor. (NU Online)
Mushola Baitul Hikmah di Kampung Maju dipenuhi jamaah yang sedang mengikuti pengajian Kiai Durahman. Pengajian itu ramai karena belum terjadi wabah mematikan seperti sekarang.

Malan itu, Kiai Durahman mengangkat tema jundullah (pasukan, tentara Allah) dan jihad fi sabilillah dalam kehidupan sehari-hari.

Jamaah yang terdiri dari campuran anak muda dan orang-orang tua itu terlihat khusyu menyimak penjelasan Kiai Muslih selama satu jam.

Pengajian usai, para jamaah Mushola satu per satu menyalami Kiai Durahman.

Saat bersalaman dengan Roni, pemuda tengil di Kampung Maju, Kiai Durahman berseloroh: “Hei Ron, jadilah kamu jundullah yang taat dan pantang menyerah dalam hidup.”

“Oiya, pasti kiai,” ucap Udin.

“Tapi, kenapa kamu shalatnya jarang-jarang, jarang kelihatan juga pengajian, cuma kelihatan pas di hari raya saja?” tanya sang kiai.

“Wah, kiai belum tahu ya, saya kan di bagian intelijen jundullah. Jadi nggak bisa dong ketahuan banyak orang,” elak Roni. (Ahmad)
BNI Mobile