Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sedekah 1.300 Bungkus Jahe Cara NU Jatibarang Brebes Tangkal Corona

Sedekah 1.300 Bungkus Jahe Cara NU Jatibarang Brebes Tangkal Corona
Banser Jatibarang Brebes, Jateng bagikan wedang jahe rempah kepada warga (Foto: NU Online/Wasdiun)
Banser Jatibarang Brebes, Jateng bagikan wedang jahe rempah kepada warga (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Keluarga Besar NU Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mempunyai cara yang berbeda untuk memberantas covid-19 di wilayahnya. Yakni membagikan 'Wedang Jahe Rempah' kepada masyarakat pengguna jalan di perempatan lampu merah Jatibarang, Ahad (22/3) sore.
 
Sebanyak 1.300 bungkus wedang jahe rempah siap minum habis dibagikan dalam waktu tidak lebih dari 15 menit. Wedang jahe yang dibagikan dibuat dengan 10 jenis rempah-rempah yang terdiri atas Jahe, Kayu Manis, Sereh, Daun Kemangi, Temulawak, Kunyit, Ketumbar, Kamijara Wulung, Gula Jawa/Aren, dan Gula Pasir.
 
"Saat pembuatan dan  membungkusnya dengan membaca shalawat Thibbil Qulub, sebagai ikhtiar dan memohon doa kepada Yang Maha Kuasa," ujar Inisiator dan koordinator lapangan kegiatan aksi Moh Ircham Arifudin
 
Ircham yang juga Ketua GP Ansor Jatibarang menjelaskan, saat memberikan sedekah Wedang Jahe sekaligus digunakan ajang sosialisasi tentang bahaya corona dan cara pencegahannya. 
 
Aksi ini lanjut Ircham, sebagai wujud kepedulian NU Kecamatan Jatibarang dalam ikhtiar menangkal penyebaran covid-19. "Kami ingin meyakinkan masyarakat untuk tetap waspada, mematuhi semua instruksi pemerintah dan ahli medis, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta yang paling utama adalah jangan panik," ungkapnya.
 
Puluhan kader Ansor-Banser, Fatayat, IPNU/IPPNU turut andil saat kegiatan yang juga dihadiri Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jatibarang Kiai Afifulloh.
 
"Kami bangga, karena anak-anak muda NU bersinergi membantu pemerintah dalam upaya sosialisasi pencegahan Corona di Kecamatan Jatibarang. Semoga wabah Corona segera berlalu dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya," ungkapnya.
 
Respons positif datang dari warga penerima Jahe. Ibu Solikha (46) misalnya, memuji langkah generasi muda NU dalam melawan Corona. "Kegiatan ini sangat baik, saya selaku masyarakat awam semakin tahu bahaya Corona dan cara-cara pencegahannya," ucap Solikha kepada NU Online.
 
Selama berlangsungnya aksi, kegiatan bagi-bagi wedang jahe mendapatkan pengawalan dari Polsek dan Banser Jatibarang. 
 
Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile