IMG-LOGO
Daerah

Lawan Covid-19, Ansor Magetan Adakan Penyemprotan Mandiri


Selasa 24 Maret 2020 20:30 WIB
Bagikan:
Lawan Covid-19, Ansor Magetan Adakan Penyemprotan Mandiri
Kader Ansor Magetan, Jatim lakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum (Foto: NU Online/Nur Mahmudin)
Magetan, NU Online
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Magetan, Jawa Timur bertindak cepat saat virus corona (Covid-19) mewabah di Kabupaten Magetan, yakni dengan melakukan penyemprotan serentak di fasilitas umum terutama tempat-tempat ibadah di seluruh wilayah Kabupaten Magetan.
 
“Kami dari jajaran Pimpinan Ansor Kabupaten Magetan telah menginstruksikan kepada seluruh anggota di semua PAC se-Kabupaten Magetan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, khususnya di tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum," ujar Ketua PC GP Ansor Mageta, Habib Mustofa kepada NU Online, Selasa (24/3). 
 
Dikatakan, kegiatan penyemprotan dilakukan mulai hari Selasa (24/3) dan seterusnya sampai seluruh fasilitas ibadah khususnya di bawah naungan NU tertangani semua.
 
"Apa yang kami lakukan sebagai bentuk nyata dukungan Ansor Magetan kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Corona yang kian meluas," tegasnya. 
 
Dijelaskan, saat ini Kabupaten Magetan telah berstatus darurat Corona. Karena itu sebagai bentuk nyata dukungan GP Ansor Magetan kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Corona yang kian meluas, pihaknya bergerak cepat. 
 
"Selain penyemprotan juga dilakukan sosialisasi pencegahan-penanganan wabah dan pemberian bahan disinfektan,” ujar Gus Toeva.
 
Dalam surat instruksi yang dikirim ke PAC dan Ranting Ansoe se-Kabupaten Magetan, pihaknya menyampaikan beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, yakni semua Anggota di Pimpinan Anak Cabang (PAC) se- Kabupaten Magetan segera melakukan penyemprotan desinfektan di area tempat ibadah, fasilitas umum, dan lembaga di masing-masing kecamatan dengan di koordinir langsung oleh Ketua PAC GP Ansor di masing-masing kecamatan.
 
"Seluruh kader dan Pimpinan GP Ansor, dalam melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran Virus Covid 19 (Corona) agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di wilayah kecamatan masing-masing," tandasnya.
 
Disampaikan, cairan disinfektan disediakan oleh PC GP Ansor Magetan sebanyak 20 liter per PAC atau bisa dibuat secara mandiri dengan bahan dan aturan yang telah ditentukan.
 
"Yang terpenting adalah dalam melakukan penyemprotan diharapkan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyemprotan disinfektan," jelasnya.
 
Sekretaris PC GP Ansor Magetan Irfan Fajri menyampaikan bahwa sudah ada beberapa pengurus PAC yang telah melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. 
 
“Laporan yang kami terima, saat ini sudah ada beberapa PAC yang sudah melaksanakan kegiatan penyemprotan mandiri, di antaranya Poncol, Karas, Sukomoro, dan akan diikuti oleh semua PAC se-Kabupaten Magetan sesuai instruksi dari cabang,” tuturnya.
 
“Kegiatan penyemprotan akan dilakukan terus jadi tidak hanya sekali karena jumlah kader Ansor dan Banser tersebar di 197 desa dan semua akan melaksanakan penyemprotan ini sebagai bukti kepedulian kami atas status waspada corona di Kabupaten Magetan,” pungkasnya.
 
Kontributor: Nur Mahmudin
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG