IMG-LOGO
Daerah

Bagana Ansor Terlibat Aktif Bedah Rumah Warga Miskin

Rabu 25 Maret 2020 10:00 WIB
Bagana Ansor Terlibat Aktif Bedah Rumah Warga Miskin
Para Banser yang tergabung dalam Bagana PC GP Ansor Pamekasan terlibat dalam bedah rumah warga miskin. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur punya kepedulian tinggi terhadap warga miskin. Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-97 NU, PCNU Pamekasan sukses memperbaiki sekaligus membangun rumah tak laik huni (RTLH) dalam program bedah rumah.

 

Banser Siaga Bencana (Bagana) tampak terlibat aktif dalam menyukseskan program kemanusiaan tersebut. Tidak kenal panas dan hujan, mereka bersemangat membedah RTLH mulai dari persiapan, pembongkaran, pembangunan, hingga selesai. Itu masih terlihat pada Selasa (24/3).

 

Sedikitnya ada tiga RTLH yang dibangun ulang oleh PCNU Pamekasan yang melibatkan Bagana PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pamekasan; Desa Palesanggar, Kecamatan Pegantenan; Desa Sentol dan Desa Jarin, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Sebelum dibedah, kondisinya sudah disurvei terlebih dulu oleh panitia khusus.

 

"Kami menyambut positif program bedah rumah Nahdliyin oleh PCNU Pamekasan melalui Divisi Bedah Rumah Panitia Hari Lahir (Harlah) ke-97 NU ini. Karena itu kami mengerahkan Bagana," ujar Wakil Sekretaris PC GP Ansor Pamekasan, Abdullah.

 

Abdullah menegaskan, Bagana Ansor Pamekasan selalu siap membantu Nahdliyin dalam kondisi apapun, tidak hanya saat PCNU Pamekasan merealisasikan program kerjanya. Kendati demikian, program kerja PCNU Pamekasan yang hendak melibatkan Bagana Ansor tentu akan diprioritaskan.

 

"Bila Nahdliyin butuh tenaga Bagana Ansor Pamekasan, insyaallah kami selalu siap. Terpenting tergolong RTLH dan sudah melalui restu PCNU Pamekasan," ujar Abduh, panggilan akrab Abdullah.

 

Terpisah, Ketua PC GP Ansor Pamekasan Syafiuddin menambahkan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih karena Bagana Ansor diberi kepercayaan oleh PCNU Pamekasan dan tim bedah rumah supaya terlibat dalam kegiatan tersebut.

 

“Karena ini perintah dan tugas dari para ulama, maka tidak ada kata menolak, sehingga kami akan memaksimalkan tenaga yang ada untuk menyukseskan program ini,” tegas Syafiuddin.

 

Wakil Ketua DPRD Pamekasan tersebut mengapresiasi Bagana Ansor yang hingga kini semangat berkhidmah. Pihaknya juga mendorong agar Bagana Ansor tetap memelihara kesehatan dan kebersihan diri, di tengah merebaknya penyebaran wabah virus Corona.

 

"Sebelum dan sesudah bedah rumah, mohon pakai hand sanitizer, cuci tangan pakai sabun. Jangan lupa pula untuk menggunakan masker," tukasnya.

 

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) PC GP Ansor Pamekasan H Hafid mengatakan, Bagana Ansor yang merupakan bagian khusus Banser yang selalu siap sedia menerima perintah para ulama, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan fisik.

 

“Karena kami memang dididik untuk mengabdi kepada ulama, bangsa dan negara. Komando kami juga tidak bisa dilepaskan dari ulama. Jadi, dibutuhkan kapan saja pun, kami selalu siap,” tegasnya.

 

H Hafid mengimbau kepada segenap Bagana Ansor di tingkat kecamatan untuk terus pro-aktif dalam berkoordinasi. Bila terdapat wNahdliyin yang tergolong RTLH, pihaknya meminta agar pengurus Banser di tingkat kecamatan segera berkoordinasi.

 

"Insyaallah langsung kami tindaklanjuti, tentu terlebih dahulu laporan dan koordinasi dengan sahabat Syafiuddin selaku pimpinan kami di Kabupaten Pamekasan," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG