Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kenangan Ketum Pagar Nusa tentang Ibunda Jokowi

Kenangan Ketum Pagar Nusa tentang Ibunda Jokowi
Ibunda Joko Widodo, Ny Hj Sudjiatmi saat menghadiri acara Pagar Nusa. (Foto: dok. Nabil Haroen)
Ibunda Joko Widodo, Ny Hj Sudjiatmi saat menghadiri acara Pagar Nusa. (Foto: dok. Nabil Haroen)
Jakarta, NU Online
Wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo, Ny Hj Sudjiatmi Notomihardjo, menimbulkan kesedihan bagi sejumlah tokoh. Terlebih mereka yang pernah bertemu langsung dengan almarhumah Ny Hj Sudjiatmi.
 
Ketua Umum PP Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen, salah satunya. Pria yang memiliki panggilan akrab Gus Nabil (GN) ini mengaku memiliki kenangan mendalam tentang almarhumah.
 
"Kenangan saya bersama beliau banyak sekali, tapi kenangan yang paling membekas saat Pagar Nusa menyelenggarakan Haul ayahanda Pak Jokowi, Pak Wijiatno Notomihardjo, yakni suami dari Ibu Hj Sudjiatmi Notomihardjo di Pondok Pesantren Zumtotuttholibin, Magersari, Mojo Andong, Boyolali, pada 18 Januari 2019 lalu," kata GN, Rabu (25/3).
 
GN mengatakan bahwa dirinya juga pernah sowan secara langsung kepada Hj Sudjiatmi bersama ibu, istri, dan keluarga besarnya. Kala itu Hj Sudjiatmi masih dalam keadaan sehat.
 
"Beliau memberikan banyak sekali wejangan yang sangat berguna bagi saya pribadi dan keluarga besar saya. Juga mendukung penuh pengabdian dan perjuangan kami, generasi muda yang saat ini bergerak di Nahdlatul Ulama maupun yang khidmah di organisasi atau institusi mana pun," lanjutnya. 
 
Menurut GN, almarhumah Hj Sudjiatmi adalah sosok yang hebat dan wanita kuat. Almarhumah juga sosok yang sangat sederhana, relijius, terbukti dengan selalu mendatangi pengajian-pengajian secara rutin di berbagai kesempatan.
 
"Teladan inilah yang menjadi semangat bagi kami yang muda untuk selalu bergerak. Banyak sekali kesan baik untuk beliau. Pribadi yang ramah, baik hati, dengan kepribadian yang istimewa," papar anggota Komisi IX DPR ini.
 
Karena itu, atas nama Ketua Umum PP Pagar Nusa Nahdlatul Ulama dan Anggota Komisi IX DPR RI, GN mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya Hj Sudjiatmi Notomihardjo. "Semoga kebaikan-kebaikan beliau diterima oleh Allah SWT," harapnya.
 
Begitu mendengar kewafatan Ny Hj Sudjiatmi, GN pun langsung memutuskan segera bertakziyah ke Solo. Saat berita ini diturunkan, GN dalam perjalanan ke Solo, melalui Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.
 
"Selamat jalan Bu Hj Sudjiatmi Notomihardjo. Panjenengan perempuan hebat. Kami, generasi muda, belajar banyak dari panjenengan. Semoga Pak Jokowi dan keluarga besar almarhumah Hj Sudjiatmi Noto, diberi kebesaran jiwa dan kedamaian seutuhnya. Teriring doa untuk almarhumah. Alfaatihah," pungkasnya.
 
 
Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Abdullah Alawi
BNI Mobile