IMG-LOGO
Nasional

Gus Gas NU Sidoarjo Gelar Penyemprotan Disinfektan Gratis


Kamis 26 Maret 2020 07:00 WIB
Bagikan:
Gus Gas NU Sidoarjo Gelar Penyemprotan Disinfektan Gratis
Penyemprotan disinfektan gratis diberikan tim Gus Gas NU Sidoarjo Peduli Covid-19. (Foto: NU Online/Yuli R)
Sidoarjo, NU Online
Menyikapi kegelisahan masyarakat terkait dengan virus Covid-19, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Jawa Timur melakukan rapat koordinasi dengan beberapa lembaga terkait.
 
Dalam rapat dip[utuskan bahwa NU Sidoarjo bergerak melakukan penyemprotan disinfektan di masjid, mushala, lembaga pendidikan, hingga pesantren dengan membentuk 'Gugus Tugas (Gus Gas) NU Sidoarjo Peduli Covid-19'.
 
Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, H Mochammad Zaenal Abidin berpesan kepada tim relawan agar senantiasa menjaga nama baik NU saat bertugas.   
 
“Karena kita membawa bendera NU, maka hal yang melekat harus ditampakkan mulai dari niat dan perilaku lantaran berhadapan langsung dengan masyarakat dan jamaah,” katanya saat pemberangkatan tim relawan di halaman kantor PCNU Sidoarjo, Rabu (25/3).
 
Ketua Gus Gas NU Sidoarjo Peduli Covid-19 ini menegaskan apabila ada permintaan dari pihak manapun akan tetap dilayani. Kegiatan akan terus berjalan sampai tidak ada yang meminta atau sudah tidak ada lagi titik yang disemprot.
 
“Hal tersebut sebagai bentuk bahwa NU peduli dengan situasi yang ada dan gratis, sehingga hadirnya NU akan memberikan keberkahan dan kerahmatan kepada masyarakat pada umumnya,” ungkapnya. 
 
Nantinya tim akan melakukan pendekatan dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo agar lembaga tersebut  ikut mendukung kegiatan.
 
“Namun untuk hari ini kita masih mandiri,” tegasnya.
 
Pembekalan dan pemberangkatan tim relawan dihadiri pengurus dari PCNU, beberapa ketua lembaga di antaranya NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, LPBINU, dan LKNU.
 
Dukungan Banyak Kalangan
Selain itu juga dihadiri para relawan dari jajaran Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser PC Sidoarjo, Banser Husada, relawan LPBINU, IPNU, Galena Logistik, dan lainnya.
 
Kegiatan dimulai di beberapa MWCNU dengan melibatkan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), juga untuk mengedukasi kepedulian Nahdliyin.
 
Ketua PC Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo, dokter Iqbal Faizin memaparkan bentuk dukungan lembaganya yang menjadi bagian tim Gus Gas NU Peduli Covid-19  dari sisi medis.
 
“PC LKNU sebagai bagian dari Gus Gas menyiapkan dari sisi medis, yang paling utama dalam hal pencegahan penularan. Dan kami menyiapkan beberapa konsep dan rencana kerja yang bisa dipraktikkan oleh Nahdliyin melalui ranting atau MWCNU berupa gerakan sehat, perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.
 
Menurut pandangannya, Sidoarjo sudak masuk zona merah. Karenanya mengajak Nahdliyin menerapkan social distancing atau menjaga jarak.
 
“Seperti yang dicontohkan oleh pemerintah dan para pemuka agama untuk menghindari keramaian, tingkatkan gaya hidup yang bersih dan sehat serta selalu jaga aktivitas,” katanya. Juga dilakukan penyuluhan dengan tidak menghadirkan kerumunan tetapi dengan metode berbasis media sosial dan video pendek, lanjutnya.
 
Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo Muh Ihsan menjelaskan terkait dukungannya terhadap kegiatan penyemprotan ini.
 
“Kami mendukung kegiatan ini berupa tenaga, pikiran maupun dana, sehingga masyarakat merasa lebih tenang dan nyaman. Minimal ada ikhtiar memenuhi keinginan masyarakat, supaya NU hadir di tengah masyarakat dan memberikan layanan yang saat ini sedang panik,” jelasnya.
 
Dirinya menyampaikan bahwa NU Care-LAZISNU Sidoarjo menyediakan disinfektan cair karena bahan tersebut sulit didapatkan di pasaran,  juga biaya operasional  tim relawan. 
 
“Donasi kita kembalikan untuk kepentingan umat, memberikan pelayanan secara gratis dan tidak menutup kemungkinan kalau ada masyarakat yang berinfak atau berdonasi untuk program ini tetap diterima, karena bisa mendukung program kita agar lebih banyak lagi masyarakat yang dilayani,” terangnya.
 
Dirinya berharap setelah program penyemprotan disinfektan bisa berlanjut ke program lain.
 
Masyarakat yang membutuhkan layanan semprotan disinfektan bisa menghubungi NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo dan tim Gus Gas NU Sidoarjo Peduli Covid-19 atau di nomor 0822-4435-0909. Untuk donasi NU Peduli Covid-19 bisa ditransfer melalui rekening bank BRI Syariah nomor 77777 99999 atas nama LAZISNU Sidoarjo. 
 
 
Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG