Cegah Covid-19, Kawasan Makam Mbah Wahab Disemprot Pakai Disinfektan

Cegah Covid-19, Kawasan Makam Mbah Wahab Disemprot Pakai Disinfektan
Petugas dari tim Satgas Covid-19 Ansor Jombang Kota menyemprotkan cairan disinfektan di area makam Mbah Wahab. (Foto:Istimewa)
Petugas dari tim Satgas Covid-19 Ansor Jombang Kota menyemprotkan cairan disinfektan di area makam Mbah Wahab. (Foto:Istimewa)
Jombang, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang Kota, Kabupaten Jombang, Jawa Timur melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan virus corona atau Covid-19 di makam pahlawan nasional KH Abdul Wahab Hasbullah atau Mbah Wahab dan sekitarnya. Makam pendiri dan penggerak NU itu berada di Desa Tambakrejo, Jombang.
 
Selain itu, Ansor Jombang juga melakukan hal sama pada warga sekitar, fasilitas umum, lembaga pendidikan, pondok pesantren yang ada di Jombang. Kegiatan ini juga bersenergi dengan kepengurusan Ansor tingkat cabang.
 
"Apa yang kami lakukan sebagai bentuk nyata dukungan Ansor Jombang Kota kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona yang kian meluas. Makam Mbah Wahab salah satu sasarannya," kata Ketua PAC Ansor Jombang Kota Taufiqi Fakhrudin, Rabu (25/3).
 
Menurutnya, Ansor Jombang bergerak cepat agar masyarakat tidak terjangkit virus corona ini. Makam KH Abdul Wahab Hasbullah adalah tempat umum yang sering dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Nusantara.
 
Tak hanya penyemprotan saja, pihaknya juga melakukan sosialisasi pencegahan-penanganan wabah dan pemberian bahan disinfektan.
 
"Kami dalam melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di desa setempat. Agar lebih mengenal," kata Gus Fiqi sapaa akrabnya.
 
Ia menjelaskan, cairan disinfektan ini dikelola secara mandiri dengan bahan dan aturan yang telah ditentukan sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan Jombang.
 
"Yang terpenting adalah dalam melakukan penyemprotan diharapkan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyemprotan disinfektan. Biar tidak gatal-gatal bagi penyemprot," tambahnya. 
 
Lanjut Gus Fiqi, kegiatan penyemprotan ini akan dilakukan di setiap kepengurusan ranting Ansor di Jombang Kota bekerja sama dengan pemerintah desa masing-masing.
 
Para kader Ansor dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di desanya masing-masing. Sebagai wujud amal bakti pada tanah kelahiran. Selain itu juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat luas dalam melawan virus corona. 
 
"Kita berharap masyarakat tidak perlu keluar rumah jika tidak penting banget. Ikuti arahan pemerintah. Mari kita putus jaringan penyebaran virus," tandasnya.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile