IMG-LOGO
Daerah

NU Rembang Lakukan Penyemprotan Disinfektan


Jumat 27 Maret 2020 05:00 WIB
Bagikan:
NU Rembang Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Ilustrasi penyemprotan disinfektan.

Rembang, NU Online

 

Kesadaran warga Nahdlatul Ulama akan pentingnya mencegah wabah virus corona makin meningkat. Sejumlah aktivitas pencegahan warga dan pengurus NU dari pusat hingga daerah. Salah satunya yang dilakukan oleh Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Sedan, Rembang, Jawa Tengah.

 

LAZISNU Sedan mengadakan penyemprotan disinfektan di seluruh Desa di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, selama dua hari Rabu dan Kamis (25-26/03) dalam rangka upaya pencegahan penyebaran corona jenis Covid-19.


Ketua LAZISNU Kecamatan Sedan, Muhammad Labib mengatakan, sebagai badan otonom NU, LAZISNU menjadi garda terdepan dalam melakukan tindakan pencegahan virus mematikan tersebut. "Ini dilakukan sebagai upaya awal pencegahan penyebaran Virus Covid-19," kata Labib kepada NU Online.

 

LAZISNU Kecamatan Sedan melakukan penyemprotan disinfektan di semua desa se-Kecamatan Sedan, Rembang, termasuk pada sarana umum dan sarana ibadah, seperti musholla, masjid, madrasah, pondok pesantren dan sekolah.

 

"Kami melakukan penyemprotan di sarana-sarana umum dan tempat ibadah. Seperti, musholla, masjid, madrasah, pondok pesantren dan sekolah. Ada 21 desa di kecamatan Sedan", terang Guru SMK Hidayatul Muslimin Sedan tersebut.

 

Dalam melaksanakan kegiatan ini, LAZISNU menggandeng berbagai kalangan baik pemerintahan, apparat kemanan, dan unsur lain. "Kami menggandeng Polsek, TNI dan relawan dalam men-sukseskan kegiatan ini", tutupnya.

 

Dalam aktivitasnya, puluhan relawan LAZISNU bersama apparat dan pemerintah mengelilingi kawasan yang disemprot disinfektan. Adapun peralatan yang digunakan dibawa dalam sebuah mobil yang akan langsung beraksi di lokasi yang telah dipetakan sebelumnya.

 

Kegiatan ini banyak dilakukan juga di tempat lain secara sukarela oleh warga NU. Pada umumnya, lokasi publik yang menjadi sasaran penyemprotan adalah fasilitias umum seperti rumah ibadah dan sarana pendidikan.

 

Gerakan ini, di level pusat di PBNU dikomandani oleh satuan tugas gerakan bernama NU Peduli Covid-19 yang dibentuk oleh PBNU khusus untuk menangani kasus wabah Covid-19. Gerakan ini menjadi gerakan bersama di kalangan NU di berbagai tempat.

 

Pewarta: Aan Ainun Najib

Editor: Ahmad Rozali

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG