Banser di Jombang Keliling Desa Semprot Tempat Ibadah dengan Disinfektan

Banser di Jombang Keliling Desa Semprot Tempat Ibadah dengan Disinfektan
Salah satu Anggota Banser Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah mushala. (Foto:NU Online/Nuruddin Suryanulloh)
Salah satu Anggota Banser Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah mushala. (Foto:NU Online/Nuruddin Suryanulloh)
Jombang, NU Online
Beberapa anggota Banser Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Kecamatan Kesamben, Kebupaten Jombang, Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan di masjid dan mushala di wilayah kecamatan setempat. Mereka berkeliling sejumlah desa yang ada di Kesamben selama empat hari dimulai Rabu hingga Sabtu (25-28/3).
 
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kesamben, Achmad Toni Syaifuddin mengatakan, untuk hari pertama pasukan Banser menyasar masjid dan mushala di Desa Jatiduwur, Desa Gumulan, dan Desa Kedungbetik. Sedangkan di hari kedua giliran Desa Jombatan, Desa Podoroto, dan Desa Kedungmlati menjadi titik tujuan Banser. 
 
"Dan aksi ini akan dilakukan dalam empat hari berkeliling ke desa-desa," ungkapnya, Kamis (26/3).
 
Ia menegaskan, aksi kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Banser terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19 yang hingga kini terus menyebar ke sejumlah wilayah, tidak terkecuali di Jombang.
 
“Dengan disemprot desinfektan ini, mencegah penyebaran virus. Sehingga warga dapat beraktivitas (beribadah, red) dengan aman,” ungkapnya.
 
Dipilihnya masjid dan mushala sebagai titik penyemprotan, lantaran tempat ini menjadi tempat yang masih terus digunakan setiap harinya untuk beribadah. 
 
Lebih lanjut, Toni mengatakan bahwa aksi penyemprotan desinfektan ini menggunakan empat unit semprot blower dengan kapasitas per tangki 17 liter. Masing-masing anggota Banser membawa satu tangki dan menyebar ke sejumlah masjid dan mushala. 
 
"Aksi ini, juga disambut antusias oleh warga setempat," ungkapnya.
 
Toni juga mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan ibadah dan berdoa agar wabah penyebaran virus corona segera berakhir di Indonesia, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti semula.
 
“Semoga virus corona yang terjadi saat ini akan teratasi dan berakhir sebelum Ramadhan tiba,” ungkapnya dengan penuh harap.
 
Sekadar diketahui, aksi penyemprotan ini didampingi pihak Polsek dan Koramil Kesamben. Mereka menerjunkan timnya untuk mengawal aksi pasukan Banser ini.
 
Di samping melakukan penyemprotan, semua pihak yang terlibat dalam hal ini juga mengedukasi masyarakat dengan imbauan rajin mencuci tangan memakai gel pembersih tangan, menghidari kerumunan orang, menjaga jarak dalam berinteraksi sosial, dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.
 
Kontributor: Nuruddin Suryanulloh
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile