Kebersamaan dan Kesadaran Masyarakat, Modal Penting Basmi Covid-19

Kebersamaan dan Kesadaran Masyarakat, Modal Penting Basmi Covid-19
Penyemprotan Disinfektan Anti-Corona oleh Tim NU Peduli Lampung Selatan. (Foto: Istimewa)
Penyemprotan Disinfektan Anti-Corona oleh Tim NU Peduli Lampung Selatan. (Foto: Istimewa)
Kalianda, NU Online
Kebersamaan dan kesadaran berjamaah dari masyarakat dan pemerintah menjadi bagian penting dalam menghadapi wabah besar yang sedang melanda dunia yakni Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Seluruh elemen masyarakat harus bergerak melakukan berbagai upaya baik lahir maupun batin.
 
Hal ini dikatakan ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung KH Nur Mahfudz di sela-sela turun langsung bersama Tim NU Peduli pada penyemprotan disinfektan anti-corona di masjid, mushala, dan rumah tokoh NU di Kalianda, Jumat (27/3).
 
"Dengan kebersamaan dari masyarakat, pemerintah, Nahdlatul Ulama dan berbagai elemen kita berharap sebelum bulan Ramadhan, Corona telah lenyap dari bumi Indonesia," harapnya.
 
Oleh karenanya, Nahdlatul Ulama Lampung Selatan terpanggil untuk membantu kebijakan pemerintah dengan melakukan aksi sosial langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Apalagi Kabupaten Lampung Selatan sebagai gerbang masuk pulau Sumatera menjadi kawasan yang perlu melakukan antisipasi maksimal.
 
"Langkah PCNU Lampung Selatan juga merupakan ikhtiar dalam melaksanakan instruksi PBNU terkait tindakan antisipasi, penanganan, dan menghentikan penyebaran virus Corona," ungkapnya kepada NU Online.
 
Aksi penyemprotan disinfektan ini menurut Kiai Mahfudz juga dilaksanakan oleh pengurus NU di berbagai tingkatan mulai PC, MWCNU, ranting, badan otonom serta lembaga. 
 
NU Lampung Selatan pun mengimbau masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dalam penanganan virus yang saat ini sudah menyebabkan lebih dari 24 ribu meninggal di berbagai penjuru dunia. Sementara di Indonesia sudah ada 893 kasus dengan perincian 780 dalam perawatan, 35 sembuh dan 78 orang meninggal dunia.
 
"Lampung sendiri sudah ada tiga orang positif Corona. Jadi kewaspadaan dan pemahaman kesadaran masyarakat tentang cepatnya virus ini menular juga harus diberikan," tegasnya.
 
Tim yang dibentuk NU Peduli Lampung Selatan ini bergerak menuju banyak titik dengan membawa berbagai keperluan aksi sosial tersebut seperti tabung semprot dan cairan disinfektan. Para petugas juga dibekali dengan pakaian pelindung untuk keamanan dalam melaksanakan tugas penyemprotan.
 
"Semoga kebersamaan, kepedulian, dan kesadaran kita mampu membantu orang lain dan kepatuhan kita kepada kebijakan pemerintah menjadi amal ibadah yang mendapatkan pahala dari Allah SWT," tandasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile