Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

HPN Minta Kepastian Dukungan Pemerintah kepada UMKM

HPN Minta Kepastian Dukungan Pemerintah kepada UMKM
Ketua HPN Abdul Kholik. (Foto: NU Online)
Ketua HPN Abdul Kholik. (Foto: NU Online)
Jakarta, NU Online
Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN), Abdul Kholik meminta ​​​​​​pemerintah memberikan dukungan kepada pengusaha mikro agar bisa bertahan dengan kondisi seperti sekarang ini.
 
"Kami meminta dukungan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan, khususnya kepada pengusaha ultramikro yang banyak tergabung di HPN. Misalnya agar memperoleh keringanan bantuan seperti pembayaran pinjaman atau insentif bantuan kelangsungan usaha," ujar Abdul Kholik di Jakarta, Jumat (27/3).
 
Menurutnya, dukungan pemerintah ini penting mengingat pengusaha ultramikro adalah pengusaha mandiri yang terbukti mampu menciptakan lapangan kerja. Bahka banyak dari mereka adalah karyawan yang sekarang berjulan sendiri setelah memperoleh keahliannya.
 
"Berbeda di perusahaan besar, kebanyakan karyawan akan tetap menjadi karyawan hingga akhirnya tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut atau PHK," ungkapnya.
 
Sekadar diketahui, pemerintah melalui para menteri dan BUMN akan memberikan stimulus agar pengusaha di Indonesia termasuk pengusaha UMKM bisa tetap survive dalam kondisi pandemi Corona. HPN mendukung kepastian agar stimulus yang diberikan tersalurkan kepada pengusaha UMKM.
 
Stimulus yang diberikan pemerintah berdasarkan pemaparan Presiden Joko Widodo, Selasa (24/3), melingkupi stimulus perekonomian agar tetap berusaha, stimulus percepatan ekonomi seusai wabah berakhir. Bahkan stimulus yang diberikan pemerintah agar para menteri dan kepala daerah merealokasikan APBN dan APBD untuk penanggulangan dampak Covid-19.
 
Untuk masyarakat berpenghasilan kecil diberikan bantuan sebesar Rp200 ribu per keluarha, OJK memberikan keringanan bunga kredit di bawah Rp10 miliar, dan bebas angsuran selama satu tahun bagi pengusaha kecil.
 
Selain itu, kepada para masyarakat berpenghasilan rendah, seperti supir taksi dan ojol yang memiliki kredit motor akan dibebaskan angsuran selama satu tahun. Bagi karyawan yang terkena dampak PHK juga akan diberikan bantuan. 
 
Menurut Kholik, langkah pemerintah tersebut merupakan langkah strategis dan membumi yang perlu dilakukan agar para pengusaha UMKM termasuk yang tergabung dalam HPN dapat tetap survive.
 
Pengusaha Nahdliyin Saling Menguatkan
Sementara itu, kepada para pengusaha Nahdliyin, Abdul Kholik meminta agar bersabar dan tawakal, serta bersama-sama saling menguatkan menghadapi situasi saat ini.
 
Para pengusaha HPN di daerah agar tetap saling berkomunikasi, sehingga segala permasalahan dapat segera diketahui dan dicarikan solusinya secara bersama-sama.
 
"Musibah ini adalah musibah dunia, kita semua merasakan. Sehingga, apa yang bisa kita lakukan adalah saling membantu bahu membahu mencarikan solusi bersama setidaknya bagi semua anggota HPN," jelasnya.
 
Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Abdullah Alawi
BNI Mobile