IMG-LOGO
Daerah

LAZISNU Pringsewu Fokuskan Program Antisipasi dan Penanggulangan Covid-19

Jumat 27 Maret 2020 21:30 WIB
LAZISNU Pringsewu Fokuskan Program Antisipasi dan Penanggulangan Covid-19
Kotak Koin Pondasi Akhirat LAZISNU Kabupaten Pringsewu, Lampung (Foto: NU Online/Faizin)
Pringsewu, NU Online
Berdasarkan surat instruksi dari PBNU Nomor : 3952/C.1.34/03/2020 terkait langkah yang ditempuh menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung mengambil kebijakan baru dengan menfokuskan program pada antisipasi dan penanggulangan Covid-19.
 
Bentuk program terkait Covid-19 ini di antaranya dengan melakukan sterilisasi berbagai kecamatan melalui penyemprotan disinfektan dan pengadaaan APD (Alat Pelindung Diri). Kebijakan ini diambil setelah melihat situasi dan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan program lain baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.
 
Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu M Kabul Muliarto kepada NU Online menjelaskan bahwa situasi saat ini juga berimbas pada kebijakan baru LAZISNU Pringsewu yang untuk sementara menangguhkan gerakan Koin Pondasi Akhirat.
 
"Per tanggal 1 April 2020 menangguhkan gerakan Infaq Koin Pondasi Akhirat serta program di jangka pendek, yakni Bantuan Kesehatan, Bantuan Persalinan, Santunan kematian dan Jalinan Kesehatan LAZISNU sampai keadaan dinyatakan aman," katanya, Jumat (27/3) malam.
 
Kabul menambahkan bahwa untuk para mujami (penarik koin) akan menyelesaikan penarikan infak Koin Pondasi Akhirat paling lambat tanggal 31 Maret 2020, dengan menggunakan alat perlindungan secukupnya. Alat pelindung ini sebagai bentuk antisipasi penularan virus melalui uang.
 
"Saldo dana yang ada, digunakan untuk membantu pencegahan Covid-19 di wilayah masing-masing bekerja sama dengan Banom dan Lembaga NU membentuk Posko dan Relawan NU Peduli Pencegahan Covid-19, untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat ibadah, pesantren dan lain-lain," jelasnya.
 
LAZISNU Pringsewu juga melakukan penggalangan donasi untuk pencegahan Covid-19 melalui transfer ke rekening LAZISNU Pringsewu: BRI 035801016988532 atau BNI Syariah 0791720380 dan BMT NU Pringsewu 9010400001. 
 
"Atau silakan datang langsung ke sekretariat LAZISNU Kabupaten Pringsewu," tambahnya.
 
Menghadapi kondisi sulit ini, Kabul berpesan kepada seluruh pengurus LAZISNU Kabupaten Pringsewu untuk tidak patah semangat dan menjaga kekompakan di antaranya dengan tetap menjalin koordinasi melalui media sosial.
 
"Mari memperbanyak zikir dan doa memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 segera reda," pungkasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG