Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bagana Pacitan Ingatkan Masyarakat Ikuti Protokol Pencegahan Covid-19

Bagana Pacitan Ingatkan Masyarakat Ikuti Protokol Pencegahan Covid-19
Relawan NU Kabupaten Pacitan, Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum. (Foto: Mawan H)
Relawan NU Kabupaten Pacitan, Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum. (Foto: Mawan H)
Pacitan, NU Online
Masyarakat harus selalu waspada dan hati-hati agar penyebaran wabah Corona dapat dicegah. Di mana pun tempatnya, agar masyarakat mengikuti aturan dari pemerintah, seperti tidak keluar rumah agar bisa menghindari tersebarnya virus covid-19.
 
"Dengan itu semua kita sebagai warga negara Indonesia secara langsung juga ikut berpartisipasi dalam pencegahan ini," kata Ketua ERT Emergency Response Team (ERT) Banser Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Joko Sungkono, Sabtu (28/3).
 
Dalam penanangan wabah Corona, menurutnya seluruh elemen NU harus turut serta. Pasalnya, dengan melibatkan banyak pihak akan lebih mudah dalam aksi kepedulian penanganan kebencanaan dan pencegahan Corona. 
 
Kebersamaan banom dan lembaga NU misalnya terwujud dalam kegiatan penyemprotan disinfektan di berbagai titik di Kabupaten Pacitan.
 
"Setiap hari dari mulai bulan Februari lalu kami dari Bagana juga membuat jadwal piket di posko NU Peduli bencana yg berada di Gedung PCNU Pacitan Jl Letjend S Parman No. 44B," kata Joko Sungkono.
 
Selain itu, keterlibatan Bagana juga di posko gabungan antara BPBD, TNI, Polri serta instansi lainnya yang berada di area Pendopo Kabupaten Pacitan.
 
Di Pacitan sendiri, upaya pencegahan virus Corona (Covid-19) dilakukan para relawan PCNU Pacitan Jawa Timur yang terdiri dari NU Care-LAZISNU, Bagana, dan LPBINU. Para relawan ini menggelar penyemprotan disinfektan di fasilitas umum seperti masjid, madrasah, pasar, terminal, dan tempat-tempat berkumpul lainnya.
 
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari aksi serentak Satuan Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Pacitan yang dilakukan sejak Kamis (26/3).
 
Ketua PCNU Kabupaten Pacitan, KH Mahmud berharap kegiatan dapat bermanfaat bagi semua masyarakat. Ia berpesan agar masyarakat dan relawan mematuhi imbauan protokol Satgas Penanganan Covid-19.
 
"Menjaga pola hidup sehat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, melakukan shalat hajat dan doa-doa yang diijazahkan dari para ulama," pesan Kiai Mahmud.
 
Koordinator Administrasi Keuangan Pasar Arjowinangun, Edi Haryono, mengaku berterimakasih karena telah dilaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh bagian Pasar Arjowinangun guna menghindari wabah Covid-19.
 
"Harapan dari semua pedagang, kegiatan ini harus dilakukan secara massif agar bisa bersama-sama untuk melawan dan mencegah virus Covid-19 di Kabupaten Pacitan dan seluruh wilayah yang terdampak di Indonesia. Semoga kita semuanya selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT," tandasnya.
 
Kontributor: Mawan H
Editor: Kendi Setiawan
Posisi Bawah | Youtube NU Online