Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Halau Covid-19, GP Ansor Sumenep Ikhtiar dengan Khotmil Qur’an Online

Halau Covid-19, GP Ansor Sumenep Ikhtiar dengan Khotmil Qur’an Online
Ketua MDS Rijalul Ansor Sumenep, Kiai Qumri Rahman. (Foto: NU Online/Sulaiman)
Ketua MDS Rijalul Ansor Sumenep, Kiai Qumri Rahman. (Foto: NU Online/Sulaiman)

Sumenep, NU Online

Mewabahnya Covid-19 atau virus Corona membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah imbauan untuk melakukan pekerjaan dari rumah dan tidak menghadiri kerumunan massa.

 

Hal tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus yang asal mulanya pertama kali mewabah di Wuhan, China itu. Bahkan PBNU mengeluarkan surat edaran agar seluruh Nahdliyin menunda segala bentuk kegiatan yang sudah diagendakan sebelumnya.

 

Namun penyebaran Corona ini tidak lantas dijadikan alasan untuk tidak melakukan agenda apapun, seperti yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumenep. Mereka tetap melakukan Khotmil Qur’an berbasis online untuk menghindari kontak fisik satu sama lain. Khotmil Qur’an tersebut ditarget satu kali khatam dalam satu minggu.

 

"Jadi setiap pengurus mengaji 1 juz Al-Qur’an dari rumah masing-masing dan melapor ke petugas jika sudah selesai," kata Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Sumenep, Kiai Qumri Rahman saat di kediamannya, Sumenep, Ahad (29/3).

 

Kiai Qumri, sapaan akrabnya, mengatakan tujuan GP Ansor Sumenep melakukan Khotmil Qur’an online untuk membantu pemerintah menangani penyebaran virus Corona, dengan cara mengikuti segala anjuran yang dikeluarkan seraya melakukan kegiatan yang bermanfaat.

 

"Kita berdoa semoga dengan barokah Al-Qur'an, bangsa ini bisa segera terbebas dari wabah virus Corona dan seluruh elemen bangsa ini sehat wal afiat lahir dan bathin," jelasnya.

 

Ia mengaku yakin virus Corona akan segera meninggalkan tanah air karena ikhtiar bangsa Indonesia untuk keluar dari jebakan virus pencabut nyawa itu, begitu masif, baik ikhtiar lahir maupun bathin.

 

“Apa yang kita lakukan ini adalah ikhtiar bathin, berdoa kepada Allah, karena kita yakin bahwa yang memberikan dan mengangkat penyakit adalah Allah. Jadi menurut saya, ikhtiar lahir dan bathin, harus seimbang” jelasnya.

 

Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Sabtu(28/3). Menurut Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumenep M. Muhri, Khotmil Qur’an Online ini akan diintruksikan agar dilaksanakan serentak di setiap PAC GP Ansor di Sumenep.

 

"Ini juga akan dilaksanakan oleh setiap PAC agar kita serentak berdoa dan membaca Al-Qur’an untuk keselamatan bangsa," tukas M. Muhri.

 

Pewarta: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

 

BNI Mobile