Ikhtiar Banser Salem Brebes Cegah Covid-19 di Kawasan Perbatasan

Ikhtiar Banser Salem Brebes Cegah Covid-19 di Kawasan Perbatasan
Relawan Ansor anser di perbatasan Jateng-Jabar (Foto: Dok Ansor Salem)
Relawan Ansor anser di perbatasan Jateng-Jabar (Foto: Dok Ansor Salem)
Brebes, NU Online
Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Covid-19 Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Salem melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat ibadah, lingkungan pendidikan, rumah penduduk dan beberapa fasilitas umum. 
 
Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan pada setiap motor dan mobil yang melintas di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 
 
“Kami membuat 2 Pos pengamanan Covid-19 di Kecamatan Salem, Pos 1 Gunung Lio dan Pos 2 kewaspadaan di Banjaran. Hal ini kami lakukan karena banyak kendaraan mobil yang melintas keluar masuk dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau sebaliknya," kata Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Kecamatan Salem, Koko Haryoko disela kegiatan, Ahad (29/3).
 
Salem merupakan sebuah kecamatan yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Mudahnya, jalan tersebut berfungsi sebagai akses penghubung keluar dan masuk dari dua propinsi tersebut. Dipandang sebagai area rawan, pemuda Ansor Kecamatan Salem bukannya takut dengan risiko yang ada, mereka malah memberlakukan pergantian waktu jaga.
 
"Kami melibatkan jajaran Satgas setiap hari untuk pengamanan dan sekaligus pencegahan lewat tugas secara bergantian,” ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan pos penyemprotan terlaksana mulai Jumat, (20/3) lalu dan direncanakan berhenti saat dinyatakan bebas dari virus Corona. Tujuannya untuk memutus proses penyebaran virus Corona.
 
"Semoga penyemprotan yang dilaksanakan dapat mencegah penularan covid-19 dan wilayah Kabupaten Brebes, khususnya Kecamatan Salem tetap aman dan tidak ada warga yang terjangkit virus corona,” tuturnya.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Salem, Widiantoro memberikan motivasi pada para kadernya. “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," katanya.
 
Ia juga mengimbau untuk menjaga diri melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
 
"Covid-19 memang harus kita lawan bersama dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker saat bepergian dan menjaga imunitas tubuh dengan memakan makanan yang segar," ujarnya.
 
Ia juga memberikan tips mengolah makanan dengan memperhatikan gizi secara berimbang, “Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet," jelasnya.
 
Selain itu ia juga menyarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, "Hal yang satu ini jangan disepelekan. Lupa atau malas berolahraga seminggu saja dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kendur dan tubuh kita akan terasa loyo serta pikiran menjadi pusing. Berolahragalah yang teratur," pungkasnya. 
 
Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile