LAZISNU Pringsewu Pastikan Disinfektan yang Digunakan Aman Sesuai Standar

LAZISNU Pringsewu Pastikan Disinfektan yang Digunakan Aman Sesuai Standar
Aksi Sosial Penyemprotan Disinfektan NU Peduli Wabah Covid-19 LAZISNU dan Banser Pringsewu di Pasar Induk Pringsewu, Senin (30/3). (Foto: Istimewa)
Aksi Sosial Penyemprotan Disinfektan NU Peduli Wabah Covid-19 LAZISNU dan Banser Pringsewu di Pasar Induk Pringsewu, Senin (30/3). (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung memastikan disinfektan yang digunakan dalam penyemprotan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona sudah sesuai standar dan aman bagi lingkungan.
 
"Disinfektan yang kami pakai sudah standar nasional karena kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu," kata Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu saat aksi sosial NU Peduli di Pasar induk Pringsewu, Senin (30/3).
 
Di tengah merebaknya virus Corona, disinfektan sesuai standar mulai sepi di pasaran sehingga masyarakat banyak yang berinisiatif membuat sendiri. Namun ia mengingatkan perlu kehati-hatian dalam meramunya agar tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.
 
"Disinfektan yang kami pakai aman bagi manusia dan benda-benda lainnya. Namun kami tetap mencari prioritas bagian apa yang kami semprot. Terutama yang sering dipegang seperti gagang pintu, tempat duduk, dan sejenisnya," kata Kabul.
 
Ia juga mengimbau agar disinfektan tidak disemprotkam ke badan atau organ tubuh lainnya jika tidak tahu jenis disinfektan yang digunakan. Hal ini dikhawatirkan menimbulkan iritasi atau masalah kesehatan lainnya.
 
Aksi NU Peduli dengan penyemprotan di tempat-tempat umum ini mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat. Para pedagang di Pasar Pringsewu berharap aksi ini dilakukan secara berkelanjutan sehingga benar-benar memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
Apresiasi kepada relawan NU Peduli juga disampaikan Babinkamtibmas Pringsewu Rozzy yang ikut serta mengawal aksi penyemprotan tersebut. Aksi ini menurutnya sangat bermanfaat dan membantu para pedagang di pasar mengingat pasar merupakan tempat lalu lalang masyarakat yang perlu disterilkan.
 
Sementara Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu H Marsudi yang juga ikut terjun dalam aksi sosial tersebut mengatakan bahwa untuk menanggulangi Covid-19, PBNU telah memberi instruksi untuk melakukan langkah memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
"Kita siap melaksanakan instruksi dari PBNU yang diteruskan ke PWNU dan PCNU untuk melakukan ikhtiar mencegah virus Corona sampai benar-benar dinyatakan bersih," tegasnya.
 
Dalam aksinya, LAZISNU bersinergi dengan Banser Kabupaten Pringsewu. Para anggota Banser lengkap dengan seragam dan dibekali Alat Pelindung Diri (APD) menyusuri setiap sudut pasar untuk menyemprotkan disinfektan.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile