IMG-LOGO
Daerah

Cara Ansor Fatayat NU Tegal Gandeng TNI-Polri Cegah Covid-19

Senin 30 Maret 2020 14:30 WIB
Cara Ansor Fatayat NU Tegal Gandeng TNI-Polri Cegah Covid-19
Persiapan penyemprotan disinfektar ke sejumlah tempat ibadah dan sekolahan di Dukuhwaru, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Upaya pencegahan terhadap mewabahnya Virus Covid-19 terus digalakkan sejumlah pihak. Tak ketinggalan, Satgas Covid-19 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah bersama Fatayat NU dan unsur Polsek serta Koramil Dukuhwaru bergerak bersama melakukan Penyemprotan cairan disinfektan.
 
"Kegiatan yang dilakukan ke sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum di wilayah Kecamatan Dukuhwaru," ujar Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru Nurkhasan, Senin (30/3).
 
Dalam rilis yang diterima NU Online Nurkhasan mengatakan, dalam rangka membantu pemerintah dan sesuai instruksi Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Tegal, dibentuk Satgas Pencegahan Covid-19 GP Ansor di tingkat Anak Cabang dan Ranting. 
 
"Salah satu tugas Satgas Covid-19 melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19," tandasnya.
 
Disampaikan, bersama Fatayat NU, TNI dan Polri Kecamatan Dukuhwaru, pihaknya melakukan penyemprotan cairan disinfektan sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum.
 
"Ahad (29/3) kemarin, Satgas Covid-19 PAC Ansor bergerak bersama PR Ansor Blubuk, Fatayat NU, Polsek Dukuhwaru, Koramil dan Pemerintah Desa mensterilkan tempat ibadah seperti masjid, mushala, SD, dan TK di Desa Blubuk," ujarnya.
 
Sebelumnya lanjut Khasan, penyemprotan juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 GP Ansor tingkat kecamatan dan ranting yakni di Desa Dukuhwaru pada Rabu (25/3), Desa Kalisoka dan Pedagangan pada Sabtu (28/3) dengan menggandeng unsur pemerintah desa, badan otonom NU, TNI dan Polri.
 
"Ini merupakan ikhtiar kita bersama dalam rangka mengurangi penyebaran  Covid-19. Harapannya virus ini segera hilang dan aktivitas masyarakat kembali normal," ungkapnya.
 
Khasan menambahkan, kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan GP Ansor dilakukan secara swadaya dari anggota dan badan otonom NU. 
 
"Alhamdulillah kita mendapat bantuan pinjaman 5 alat penyemprotan elektrik dari Pimpinan Cabang dan cairan disinfektan. Untuk operasional kita swadaya anggota dan bantuan dari Fatayat NU," imbuhnya.
 
Kapolsek Dukuhwaru Iptu Suratman menyampaikan apresiasi dan bangga atas peran Gerakan Pemuda Ansor dan Banser mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah wabah virus Corona (Covid-19).
 
"Sinergitas dan kerja sama ini harus terus dibangun semua elemen baik Polri, TNI, Pemuda Ansor dan lainnya. Mudah-mudahan virus ini cepat hilang," ungkapnya
.
Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk patuh dan mentaati aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah serta maklumat Kapolri dalam rangka pencegahan Covid-19.
 
"Ada sanksi tegas apabila masyarakat tidak taat dan patuh pada aturan / undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah dan aparat sesuai pasal 212, 214, 216 dan 218 KUHP. Ancaman hukuman dari 4 bulan sampai 7 tahun," tandasnya. 
 
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG