Bila Berkelanjutan, Virus Corona Ganggu Sendi Perekonomian Bangsa

Bila Berkelanjutan, Virus Corona Ganggu Sendi Perekonomian Bangsa
Banda Aceh, NU Online
Seluruh potensi negeri hendaknya saling bersinergi dalam upaya mengakhiri menyebarnya virus Corona atau Covid-19. Karena bukan semata menimbulkan jatuhnya korban jiwa, yang juga layak menjadi perhatian adalah dapat melumpuhkan sendi perekonomian dan lainnya.
 
Penegasan ini disampaikan Hermansyah Putra kepada media ini terkait kondisi penyebaran Covid-19 yang terus merenggut korban jiwa. 
 
“Dampak virus Coronabukan kematian saja, tapi juga dapat mengganggu stabilitas ekonomi baik negara sendiri maupun global, serta melumpuhkan sendi-sendi perekonomian, sosial dan budaya,” kata Wakil Sektretaris Bidang Ekonomi Pengurus Besar (PB) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut, Senin (30/3).
 
Bagi magister ilmu ekonomi ini, bila Covid-19 terus berlanjut, bukan tidak mungkin bahwa keterpurukan ekonomi akan berdampak sangat serius. Karena itu dirinya mengajak semua kalangan bersinergi untuk menangani pandemi tersebut.
 
“Karenanya kita semua harus bersama memerangi Covid-19 dengan seruis sebagaimana anjuran yang diterapkan oleh pemerintah," ujarnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Hermansyah Putra mengatakan dampak paling besar apabila tidak menjalankan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah, maka akan berdampak serius khususnya dalam hal perkembangan ekonomi.
 
“Perekonomian ini ibarat sebuah lingkaran yang saling berkesinambungan antara penjual dan pembeli. Kalau ini tidak berjalan, maka dapat dipastikan perekonomian akan sangat terganggu,” ungkapnya. 
 
Alumnus Universitas Syiah Kuala Banda Aceh tersebut mengemukakan baik secara mikro maupun makro, semua tindakan hendaknya diperhatikan secara serius. 
 
“Maka dari itu, tugas kita bersama dalam menangani kasus wabah Covid-19 tetap tinggal di rumah atau work from home dan menjaga pola hidup yang sehat,” katanya.
 
Yang juga tidak dapat dihindari yaitu membatasi interaksi lewat bertemu orang lain dengan alasan apa pun. Hal tersebut penting demi memutus mata rangkai penyebaran virus Corona. Dan kalau segalanya dapat tertangani dengan baik, akan berdampak kepada perekonomian dan sendi kehidupan lainnya di Tanah Air.
 
“Ya, segala upaya harus dilakukan agar virus dapat melemah, sehingga perekonomian Indonesia akan membaik, "pungkasnya.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
BNI Mobile