IMG-LOGO
Nasional

Empat Pasien Covid-19 di Bali Dinyatakan Sembuh

Selasa 31 Maret 2020 23:20 WIB
Empat Pasien Covid-19 di Bali Dinyatakan Sembuh
Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, Selasa (31/3) menyampaikan bahwa sebanyak empat pasien positif virus corona atau Covid-19 di Bali dinyatakan sembuh. (Foto: tangkap layar 'Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali 31 Maret 2020)
Jakarta, NU Online
Kabar baik datang dari Provinsi Bali. Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, Selasa (31/3) menyampaikan bahwa sebanyak empat pasien positif virus corona atau Covid-19 di Bali dinyatakan sembuh.
 
Kepastian itu didapat setelah melalui dua kali tes dengan hasil negatif.
 
"Dari 19 kasus positif ini, 4 orang telah sembuh terdiri dari 3 orang WNI dan 1 orang WNA," kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Made Dewa Indra yang disiarkan akun Youtube  Humas Provinsi Bali, Selasa (31/3) malam.
 
Made Indra menyatakan, keempat orang yang dinyatakan sembuh itu telah diperkenankan pulang dari rumah sakit.
 
Sebelumnya, Made Indra menyampaikan bahwa hingga hari ini jumlah kumulatif pasien dalam pengawasan berjumlah 155 orang. Artinya, sambung pria yang juga menjabat sebagai Sekda Pemprov Bali ini, hari ini terdapat penambahan pasien dalam pengawasan sebanyak 9 orang dibandingkan kemarin. 9 orang ini terdiri dari 2 orang WNA dan 7 orang WNI.
 
"Dari 155 pasien dalam pengawasan yang saya sebutkan tadi, telah dilakukan uji sampel swab-nya dan telah keluar sebanyak 116 orang. Hasilnya adalah 97 orang dinyatakan negatif dan 19 orang positif. Kemarin saya sudah sampaikan jumlah kasus positif adalah 19 orang, hari ini 19 orang, artinya tidak ada penambahan," ucap dalam video tersebut.
 
Pakar Epidemiologi FKM UI, dr Syahrizal Syarif memprediksi, Covid-19 di Indonesia mencapai puncaknya pada akhir April 2020. "Ketika saat itu memuncak, selanjutnya mengalami penurunan hingga kemungkinan berakhir pada akhir Mei 2020," kata Syahrizal.
 
Menurut Syahrizal, perkiraan masa puncak sangat dipengaruhi dari langkah-langkah penanggulangan yang dilakukan pemerintah dan kerja sama masyarakat untuk menanggulangi wabah. Ia berharap pemerintah dan masyarakat tidak pesimis dalam melakukan penanganan dan penanggulangan. 
 
"Saya tetap berharap kasus Covid-19 ini bisa mulai turun di angka kurang dari 40 hari," katanya.
 
 
Pewarta: Husni Sahal
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG