Rapat Virtual LP Maarif NU Bahas Realisasi Program Terdekat

Rapat Virtual LP Maarif NU Bahas Realisasi Program Terdekat
Ketua Umum LP Ma'arif NU H Zainal Arifin Junaidi memimpin rapat online, Rabu (1/4). (Foto: istimewa)
Ketua Umum LP Ma'arif NU H Zainal Arifin Junaidi memimpin rapat online, Rabu (1/4). (Foto: istimewa)
Jakarta, NU Online
Rapat rutin Reboan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tetap digelar, Rabu (1/4). Hal tersebut dikarenakan masih banyak agenda-agenda satuan pendidikan serta program-program LP Ma’arif NU PBNU yang sudah direncanakan sejak awal tahun 2020. Akan tetapi, rapat kali ini dilakukan secara daring.
 
Beberapa program yang sudah direncanakan, dibahas pada rapat ini. Di antaranya Program Madrasah Ramadhan, Program Kerja Sama dengan Lembaga dan Institusi lain, Agenda Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional (Porsemanas) keuda yang akan dilaksanakan di Indramayu, Program Pelatihan Guru, serta penerbitan Jurnal Ma’arif NU.
 
Arifin Junaidi, Ketua LP Ma’arif NU PBNU mengatakan program-program yang berdekatan bulan ini diputuskan ditiadakan, seperti Program Madrasah Ramadhan yang sebenarnya merupakan program rutin tahunan.
 
"Karena wabah Covid -19 ini kegiatan Madrasah Ramadhan yang seyogianya akan dilakasnakan pada bulan Puasa ini, akhirnya diputusakan untuk tidak dilakasanakan pada tahun ini," ungkapnya.
 
Dia menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan kerja sama dengan berbagai lembaga dan institusi yang lain, sementara ditangguhkan sampai berakhirnya wabah Covid-19.
 
"Beberapa program kerja sama yang mestinya sudah berjalan sebagaimana sebelumnya akhirnya juga di-pending sampai pandemi Corona berakhir. Di antaranya kerja sama dengan Huawei dan Yamaha serta program-program lainnya yang mestinya sudah dapat selesai juga ditunda," imbuhnya.
 
Selain itu, program yang berdekatan dengan 29 Mei (masa akhir dadrurat Covid-19 yang ditentukan pemerintah), seperti Program Pprsemanas II yang rencana akan dilaksanakan pada 15-19 Juni 2020, sementara ditinjau ulang sampai menunggu perkembangan wabah Covid-19.
 
"Jadwal pelaksanaan Porsemanas II tetap menunggu perkembangan wabah Covid-19," tegasnya.
 
Selain beberapa hal tersebut, rapat juga menentukan LP Ma’arif NU PBNU akan memulai memaksimalkan Ma’arif Nahdlatul Ulama (MNU) Center untuk kegiatan Pelatihan Guru guna meningkatkan kompetensi dan Pelatihan MBS, setelah pandemi Corona berakhir.
 
"Pelatihan Guru di MNU Center akan kita maksimalkan pasca selesai Covid-19," ungkap H Arjuna.
 
Rapat daring ini diikuti 85 pengurus LP Ma’arif NU PBNU juga menyepakati beberapa nama yang ditunjuk menjadi Tim Fasilitator/Instruktur MKNU serta Penerbitan Jurnal Ma’arif NU pada bulan April 2020.
 
Sebelum menutup rapat, H Arjuna mendoakan agar wabah Covid-19 segera selesai, bangsa diberi keselamatan serta masyarakatnya diberi ketabahan dan ketenangan dalam menghadapi wabah tersebut.
 
“Semoga wabah ini cepat selesai, bangsa kita selamat, masyarakat bisa tabah dan tenang dalam menghadapi wabah Covid-19," tutupnya.
 
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile