Dirikan Posko Covid-19 di Riau, BRG Ajak Seluruh Elemen Jaga Kebersihan Lingkungan

Dirikan Posko Covid-19 di Riau, BRG Ajak Seluruh Elemen Jaga Kebersihan Lingkungan
Suasana Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Gel Pembersih Tangan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (2/4). (Foto: BRG Wilayah Riau)
Suasana Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Gel Pembersih Tangan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (2/4). (Foto: BRG Wilayah Riau)
Pekanbaru, NU Online
Badan Restorasi Gambut (BRG) Wilayah Provinsi Riau mengajak seluruh elemen bersama-sama mencegah covid-19 melalui berbagai upaya. Selain menjaga kebersihan diri, masyarakat didorong terlibat penuh dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak cepat tertempel ragam virus mematikan. 

Salah langkah yang kini telah digerakan BRG adalah dengan mendirikan Posko Bersama ‘Cegah Covid-19’ yang dilakukannya bersama PMII UIN Suska, PMII Universitas Islam Riau, GusDurian Riau dan Pesantren Nurul Huda, Kota Pekanbaru. 

Penggagas Posko Bersama sekaligus  Dinamisator Desa Peduli Gambut BRG Riau Muslim Rasyid menuturkan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah salah satu cara mencegah penyebaran virus corona. Dalam pemahamannya, semua jenis bakteri, virus, maupun wabah penyakit mematikan lainnya memiliki pengaruh yang kuat dengan kondisi kebersihan pada lingkungan sekitar tersebut.

Karena itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi suatu keharusan untuk melawan berbagai jenis penyakit. Sementara terkait dengan pendirian Posko Bersama, lanjutnya, merupakan bentuk komitmen BRG dalam memberikan edukasi yang dapat berguna bagi kehidupan masyarakat

Misalnya, pada posko ini pihaknya bersama kelompok mahasiswa dan pesantren menyemprotkan cairan disinfektan sebagai wujud pencegahan di lingkungan warga. BRG pun telah mengimbau warga agar tidak sembrono dalam mengelola hutan, jangan sampai dibakar. Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini dampaknya akan semakin luas. 

“Selain itu, pandemi ini jangan diperparah dengan pembakaran lahan gambut yang akan menimbulkan bencana asap,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima NU Online, Kamis (2/4). 

Kemudian, Pegiat GusDurian Riau Ari Sandi menjelaskan, Posko Bersama dibuat untuk memberikan edukasi tentang hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan disaat wabah corona menyerang. Terutama untuk santri Pesantren Nurul Huda Kota Pekanbaru. 

“Posko ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat, terutama kepada para santri,” ucapnya. 

Sejak kemarin sampai dengan hari ini, ujar dia, Posko Bersama telah mengadakan penyemprotan disinfektan di dua masjid, beberapa pondok pesantren dan sekolah di lingkungan NU. Juga dilanjutkan dengan pembagian hand sanitizer di Pesantren Nurul Huda dan Pesantren Intan Baiduri.

“Semuanya berada di Kota Pekanbaru. Adapun masjid yang sudah dilakukan penyemprotan adalah Masjid Abu Bakar dan Musholla Istiqomah,” ungkapnya. 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori 
Editor: Abdullah Alawi 
 
BNI Mobile