Wabah Virus Corona Dikatakan Berakhir, Jika...

Wabah Virus Corona Dikatakan Berakhir, Jika...
Ilustrasi virus corona. (Foto: via iStockphoto)
Ilustrasi virus corona. (Foto: via iStockphoto)
Jakarta, NU Online
Wabah virus corona (Covid-19) hingga saat ini masih menjangkiti dunia, termasuk di Indonesia yang angka kasusnya terus menunjukan tren peningkatan secara kumulatif. Berbagai cara dilakukan masyarakat dunia untuk memutus penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan itu.

Saat ini, sudah terlalu banyak sektor-sektor kehidupan manusia terdampak virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China ini. Tidak sedikit masyarakat bertanya-tanya, kapan pagebluk (bahasa Jawa artinya wabah) ini berakhir dan kehidupan kembali normal.

Menurut Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), dr Syahrizal Syarif, wabah virus corona dinyatakan berakhir tentu jika tidak ada kasus yang tercatat hingga 28 hari ke depan.

“Jika hari itu sudah tidak ada kasus, kita tunggu hingga 28 hari ke depan. Kalau angkanya tetap nol, berakhir wabah sudah berakhir,” kata Syahrizal beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pria yang pernah menjadi Tim Pakar Nasional penanggulangan virus SARS di China pada 2003 silam ini melanjutkan bahwa jika masih ditemukan kasus, maka perhitungan 28 hari dimulai dari ketika kasus tersebut ditemukan lagi dan seterusnya.

Pemerintah Indonesia memperpanjang masa darurat nasional Covid-19 hingga 29 Mei 2020. Artinya hingga selesainya hari raya Idul Fitri 1441 H.

Menurut prediksi Syahrizal, pandemi corona di Indonesia akan mencapai puncaknya pada akhir April 2020. “Ketika saat itu memuncak, selanjutnya mengalami penurunan hingga kemungkinan berakhir pada akhir Mei 2020,” ujarnya.

Menurutnya, perkiraan masa puncak sangat dipengaruhi dari langkah-langkah penanggulangan yang dilakukan pemerintah dan kerja sama masyarakat untuk menanggulangi wabah.

Ia berharap pemerintah dan masyarakat tidak pesimis dalam melakukan penanganan dan penanggulangan. “Saya tetap berharap kasus Covid-19 ini bisa mulai turun di angka kurang dari 40 hari,” ucap Syahrizal.

Wabah Covid-19 telah berjalan satu bulan sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020. Selama satu bulan terakhir, jumlah kasus positif corona mencapai 1.790 orang. Jumlah kasus hari ini bertambah 113 orang dari satu hari sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, ada penambahan 13 kasus kematian baru sehingga jumlah orang yang meninggal dunia akibat corona mencapai 170 orang.

Adapun  pasien yang dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut bertambah sembilan orang. Secara akumulatif, total pasien yang telah dinyatakan dua kali negatif dari corona mencapai 112 orang pada 2 April 2020.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Muchlishon
BNI Mobile