Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Edukasi Warga tentang Corona, Tim NU Peduli Operasikan 15 Mobil COC

Edukasi Warga tentang Corona, Tim NU Peduli Operasikan 15 Mobil COC
Relawan NU Peduli Covid-19 seusai berkeliling ke lingkungan warga sekitar di DKI Jakarta, Kamis (3/4) kemarin. (Foto: Dok. Tim NU Peduli)
Relawan NU Peduli Covid-19 seusai berkeliling ke lingkungan warga sekitar di DKI Jakarta, Kamis (3/4) kemarin. (Foto: Dok. Tim NU Peduli)
Jakarta, NU Online
Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 telah menggerakan 15 Car of Covid-19 (COC) atau mobil keliling edukasi covid-19 di 15 daerah di Indonesia. Mobil tersebut menyediakan hand sanitizer, masker, disinfektan, galon cuci tangan portable, media KIE edukasi Covid-19 dan Speaker Edukasi Covid-19.   

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 dr Muhammad Makky Zamzami menuturkan, 15 daerah yang sudah aktif menggerakan mobil COC di masyarakat yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Yogyakarta, Kediri, Surabaya, Pasuruan, Nusa Tenggara Barat, Lampung, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah. 

Menurut dia, mobil keliling tersebut juga melayani masyarkat mendapatkan hand sanitizer, masker, disinfektan, cuci tangan dan infomasi terkait corona. Dia berharap seluruh layanan oleh Satgas NU Peduli bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Jadi mobil itu berkeliling dibarengi dengan suara speaker yang isinya mengedukasi warga tentang corona termasuk di dalamnya mengajak masyarakat menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari corona,” kata dr Makky kepada NU Online, Jumat (4/3). 

Di tempat yang sama, Sekretaris Satgas NU Peduli Surotul Ilmiyah menjelaskan, berbagai kegiatan yang menjurus pada penyelamatan masyakat dari corona sudah dilaksanakan.

Kemarin, Kamis (3/4) telah menyalurkan sembako dan kebutuhan pangan pekerja informal di DKI Jakarta dan Demak, Jawa Tengah. 

Bagi dia, masyarakat bukan saja harus diberikan pemahaman terkait corona tetapi memang harus benar-benar diberikan layanan di lapangan.
 
Meski melalui prosedur physical distancing, pelayanan kepada masyarkat harus tetap dilakukan tentu berdasarkan prosedur penanganan Covid-19. 

“Kami berharap semua agenda yang telah dibuat oleh Satgas NU Peduli Covid-19 bisa berjalan dengan maksimal. Kami juga memohon agar para dokter NU dan RS NU bisa maksimal menangani pasien positif corona,” tuturnya. 

Kemudian, Satgas NU Peduli Covid-19 juga mengimbau kepada masyarkat untuk terus mengikuti imbauan pemerintah yakni work from home (WFH), phsyical distancing, dan menjaga imun tubuh melalui ragam pola hidup sehat. 

Pewrata: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Posisi Bawah | Youtube NU Online