Atasi Kecemasan Pandemi Corona, PBNU Layani Konsultasi dan Psikososial Online

Atasi Kecemasan Pandemi Corona, PBNU Layani Konsultasi dan Psikososial Online
null
null
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 membuka layanan konsultasi agama dan psikososial online, Jumat (3/4). Program tersebut dirancang untuk memberikan dukungan moril dan sebagai langkah mengatasi kecemasan akibat fenomena Covid-19 di Indonesia. 

Sekretaris Satgas NU Peduli Covid-19 Surotul Ilmiyah menuturkan, inisiatif itu muncul disebabkan oleh tingginya kecemasan masyarakat terhadap pandemi corona. Menurutnya, kecemasan dapat menimbulkan tekanan dan gangguan mental seseorang. 

“Dalam jangka waktu lama kondisi itu bisa berpengaruh pada imunitas tubuh kita. Misalnya soal jenazah Covid-19 yang tidak diterima di masyarakat, soal keluarga tenaga medis yang dijauhi karena takut tertular,” kata Surotul Ilmiyah kepada NU Online, Jumat (3/4) sore. 

Pada program tersebut, tokoh agama dan psikolog atau dalam hal ini para kiai NU dan psikolog NU menjadi orang yang memberikan solusi atas beberapa masalah yang disampaikan. Menurut dia, konsultasi agama dan psikososial juga untuk mengantisipasi penyebaran informasi bohong yang bermunculan di masyarakat perihal Covid-19. 
 
“Layanan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi maraknya informasi hoaks terkait Covid-19 ini dan harapannya warga selektif menerima informasi,” ucapnya. 

Hasil konsultasi itu akan dibuat menjadi rangkuman khusus yang bisa dibaca oleh kalangan masyarakat luas tentunya persfektif agama dan psikososial. Untuk menunjang program itu, lanjutnya, pihaknya tengah menyusun modul dukungan psikososial di tengah pandemi covid-19. 

“Ada sekitar 100 an ulama, dokter psikiater dan psikolog jika dikumpulkan dari seluruh indonesia. Dan kemarin sudah pada buat itu di PWNU dan PCNU,” tuturnya. 

Kemudian pada praktiknya, Satgas NU Peduli telah menyebar brosur berisi nama kiai dan psikolog berikut nomor telepon selulernya. Selain itu terera juga jadwal konsultasi terdiri dari hari dan waktunya. 

Selanjutnya, jika ada masyarakat yang ingin bergerak bersama Satgas NU Peduli masyarakat dapat ikut serta bergabung dengan menjadi relawan. Atau jika sekedar ingin membantu masyarakat, tapi tidak banyak yang bisa dilakukan masyarakat dapat berdonasi melalui rekening yang sudah disediakan NU Peduli Covid-19 yakni BCA a.n LAZISNU dengan nomor rekening 0681192688.

Pewarata : Abdul Rahman Ahdori 
Editor: Abdullah Alawi 
 
BNI Mobile