IMG-LOGO
Daerah

Pemkab Tegal Siapkan Dana 100 Miliar Tangani Wabah Covid-19

Sabtu 4 April 2020 08:30 WIB
Pemkab Tegal Siapkan Dana 100 Miliar Tangani Wabah Covid-19
Bupati Tegal, Hj Umi Azizah (dua dari kiri) serahkan bantuan susu dari Korpri untuk tenaga medis (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Bupati Tegal, Jawa Tengah, Hj Umi Azizah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tegal telah menyiapkan dana sebesar Rp100 miliar yang dipergunakan dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tegal.
 
“Dana itu diambil dari rapat, sosialisasi maupun perjalanan dinas dan kegiatan yang ditiadakan seperti tarkhim. Biasanya setiap bulan Ramadhan Pemkab mengadakan tarkhim, untuk tahun ini ditiadakan dahulu,” ujar Umi.
 
Hal itu dikatakan Bupati Tegal Hj Umi Azizah saat Pemberian Bantuan ribuan Susu Kaleng UHT dari Korpri untuk tenaga medis, Jumat (3/4) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.
 
Menurut Umi yang juga Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal itu, uang tersebut didapat dari kegiatan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tegal yang tidak dilaksanakan akibat adanya wabah Covid-19.
 
"Seluruh kegiatan dinas untuk sementara difokuskan pada penaggulangan Covid-19 di Kabupaten Tegal, termasuk dana operasionalnya," tandasnya.
 
Bupati meminta seluruh ASN dan instansi terkait fokus padda pencegahan dan penagguanan virus corona. Kegiatan rapat-rapat dan lainnya dihentikan sementara.
 
"Tanpa dukungan ASN, instansi terkait, dan masyarakat, maka pencegahan dan pemberantaran virus akan berjalan sangat lambat yang pada ujungnya dapat mengganggu perekonomian masyarakat," tegasnya.
 
Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk Korpri Kabupaten Tegal yang telah ikut berprtisipasi memberikan bantuan susu untuk tenaga medis Covid-19.
 
"Semoga bantuan ini akan meningkatkan kualitas pelayanan pasien ODP dan PDP di Kabupaten Tegal," ungkapnya.  
 
Ketua Korpri Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono mengatakan, pemberian kaleng susu UHT tersebut guna meningkatkan imunitas tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien Virus Corona. 
 
“Terdapat 2.690 kaleng susu UHT atau 90 dus untuk tenaga medis di 29 puskesmas yang ada disini dan tenaga medis di RSUD dr Soeselo, RSUD Suradadi dan RS Mitra Siaga,” kata Joko.
 
Joko menyampaikan bahwa bantuan tersebut berasal dari iuran anggota Korpri se-Kabupaten Tegal, yaitu sekitar 9.350 ASN. Joko menjabarkan, untuk tenaga medis di seluruh puskesmas se-Kabupaten Tegal sebanyak 1.230 susu, RSUD dr Soeselo 860 susu, RSUD Suradadi dan RS Mitra Siaga 300 susu.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Hendadi Setiadji, Kepala BKD Kabupaten Tegal Retno Suprobowati, Sekretaris Korpri Kabupaten Tegal Fakihurrohim serta perwakilan dari masing-masing rumah sakit. 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG