Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Imbas Covid-19, Dayah MUDI Samalanga Aceh Gelar Pengajian Online

Imbas Covid-19, Dayah MUDI Samalanga Aceh Gelar Pengajian Online
Lembaga Pendidikan Islam Ma’hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga, Bireuen, Aceh. (Foto: NU Online/Helmi)
Lembaga Pendidikan Islam Ma’hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga, Bireuen, Aceh. (Foto: NU Online/Helmi)
Bireuen, NU Online
Mewabahnya Covid-19 mengharuskan berbagai aktivitas tatap muka dan kegiatan berjamaah ditiadakan, termasuk di kalangan dunia dayah atau pesantren. Dengan mengurangi bahkan meniadakan kegiatan yang mendatangkan jamaah diharapkan virus tidak tersebar.

Menyikapi hal tersebut,  Lembaga Pendidikan Islam Mahadal Ulum Diniyah Islamiah (LPI MUDI Mesra) Samalanga, Bireun, Aceh  untuk sementara waktu juga melaksanakan intruksi itu. Dan proses belajar mengajar digelar lewat pengajian online bersama pimpinan dayah Abu Syekh H Hasanoel Basri HG atau akrab disapa Abu MUDI. 
 
“Mulai Sabtu pagi ini mengisi waktu kekosongan belajar tatap muka, LPI Dayah MUDI Samalanga mengambil kebijakan dengan menggelar pengajian online yang akan diasuh langsung al-Musyid Abu MUDI,” kata Tgk H Zahrul Fuadi Mubarrak atau Abi MUDI selaku Wadir I MUDI Mesjid Raya Samalanga, Sabtu (4/4).
 
Abi menyebutkan pengajian ini akan berlangsung pada pagi hari dengan kajian kitab Minhajus Sawi dan malam hari dengan kajian kitab Nihayatuz Zain.
 
“Pengajian online pagi berlangsung mulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB dengan Kitab Minhajussawi mulai pembahasan tentang ‘amal’ halaman kedua. Sedangkan malamnya mulai pukul. 20.00 WIB hingga 22.00 WIB pada bab puasa dengan kajian kitab  Nihayatuz Zain,” urainya.
 
Lebih lanjut, Abi menambahkan pengajian online bersama Abu MUDI  dapat diikuti di group Facebook MUDI TV dan dipastikan telah bergabung dengan group melalui link https://www.facebook.com/groups/muditv/ dan dikhususkan untuk kalangan Dayah MUDI saja yang telah bergabung ke grup. 
 
“Pengajian online ini akan berlangsung selama dua jam, dengan dua sesi. Yakni satu jam baca kitab, dan satu jam lagi tanya jawab. Mekanisme pertanyaan dapat dituliskan langsung di kolom komentar,’ ungkap Mudir Ma’had Aly MUDI Samalanga itu.
 
Abi MUDI mengakan pengajian online ini dilaksanakan sesuai dengan saran dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh agar dalam masa libur ini pimpinan dayah dapat melaksanakan pengajian secara daring (online).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen mempercepat liburan santri dari jadwal biasanya. Sikap ini diambil setelah terbitnya instruksi Gubernur nomor 4/INTSR/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Aceh. 
 
Arahan juga dari Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, serta mengamati perkembangan terkini dari penyebaran wabah Covid-19 di Aceh yang semakin parah seiring diumumkannya beberapa pasien yang dinyatakan positif Corona. 
 
Kesimpulan yang diambil LPI MUDI Samalanga melalui wadir dan unsur pimpinan dayah MUDI telah menggelar rapat yang dipimpin oleh Aba H Sayed Mahyeddin TMS dan berkesimpulan untuk meliburkan santriwati pada Ahad (5/4) dan santriwan pada Selasa (7/4).
 
 
Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile