IMG-LOGO
Daerah

Pandemi Covid-19, Haul KH Abu Khaer Nasori Tegal Diisi Pembagian Sembako

Sabtu 4 April 2020 20:15 WIB
Pandemi Covid-19, Haul KH Abu Khaer Nasori Tegal Diisi Pembagian Sembako
Peringatan Haul dengan bagi-bagi sembako di Kabupaten Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Di tengah pandemi Covid-19 (Corona), Peringatan Haul ke-33 KH Abu Chaer Nasori yang merupakan tokoh besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada masanya tetap digelar Jumat (3/4) di Desa Kajen Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.
 
Namun peringatan digelar tidak seperti biasanya dengan tahlil masal maupun pengajian umum, tetapi diganti dengan pembagian sembako kepada warga kurang mampu.
 
Koordinator kegiatan Hj Nurhayati menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan haul yang biasanya diadakan dengan tahlil masal dan pengajian umum untuk tahun ini diganti dengan pembagian sembako kepada warga. 
 
"Ini sebagai bentuk respon keluarga besar dalam menyikapi imbauan pemerintah terkait Pandemi Covid-19 untuk tidak menyelenggarakan acara yang melibatkan banyak massa serta dalam rangka mengantisipasi menularnya Covid-19," ujarnya
.
Selain itu lanjut Nurhayati, pembagian sembako juga sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 khususnya warga yang secara ekonomi ikut terdampak dengan adanya pembatasan kegiatan dan aktivitas kerja.
 
“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bentuk respons kami atas imbauan pemerintah dan PBNU sekaligus ikut serta menjadi bagian dari langkah penanganan mewabahnya Covid-19. Sebanyak 460 paket sembako kita salurkan kepada warga terdampak," imbuhnya.
 
Pembagian sembako dibantu oleh Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Desa Kajen Kecamatan Lebaksiu. "Ini sangat bagus, semoga kegiatan bisa membantu warga masyarakat khususnya Desa Kajen yang sedang dalam kondisi paceklik seiring  mewabahnya Covid-19 ini," ujar Ketua PR GP Ansor Kajen Efendi.
 
Efendi berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh masyarakat luas khususnya warga NU mengingat warga NU hampir tiap waktu ada acara tahlilan dan jamiyahan baik pribadi maupun jamiyah. 
 
"Kepada masyarakat bisa menghubungi Ansor dan Banser untuk membantu teknis pelaksanaannya, kami siap dan tidak akan ada pungutan biaya apapun. Hal ini menjadi komitmen kami untuk menjadi bagian dari solusi pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 khususnya di wilayah Kajen Lebaksiu," ungkapnya.
 
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Lebaksiu Ryan Saeful Rizal kepada NU Online Sabtu (4/4) menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar KH Abu Chaer Nasori dan warga NU yang secara sadar merespons imbauan pemerintah dan PBNU sekaligus menjadi bagian dari solusi penanganan penyebaran virus Covid-19 yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.
 
“Kami berharap hal ini menjadi inisiator bagi warga lainnya untuk menjadi bagian dari upaya pencegahan wabah Covid-19. Kader Ansor Lebaksiu siap untuk membantu jika dibutuhkan," ungkapnya.
 
Ryan juga meminta kepada segenap kader Ansor Banser Lebaksiu untuk tanggap dan merespons dengan cepat atas semua dinamika sosial yang ada di masyarakat khususnya berkaitan dengan Covid-19. 
 
Kontributor: Saiful Bahri, Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG