Langkah Nahdliyin Tuban Bantu Masyarakat Bawah Terdampak Covid-19

Langkah Nahdliyin Tuban Bantu Masyarakat Bawah Terdampak Covid-19
Relawan Sarbumusi Tuban membagikan nasi dan air mineral kepada warga. (Foto: istimewa)
Relawan Sarbumusi Tuban membagikan nasi dan air mineral kepada warga. (Foto: istimewa)
Tuban, NU Online
Sarbumusi NU Kabupaten Tuban, Jawa Timur mengagendakan pembagian bantuan nasi bungkus dan air mineral kepada masyarakat bawah. Hal itu dilakukan sebagai kepedulian atas mewabahnya pandemi Covid-19.
 
Langkah Sarbumui Kabupaten Tuban dimulai pada Jumat (3/4) di mana sasaran bakti sosial meliputi para penarik becak, nelayan, buruh bangunan, pedagang asongan, sopir taksi, dan ojek online.
 
"Semoga bisa meringankan beban mereka yang secara langsung terdampak terhadap Covid-19," kata Ketua Sarbumusi-NU Tuban, Irham Syah.
 
Pembagian bantuan dilakukan dengan para pengurus dan relawan Sarbumusi NU keliling menggunakan mobil bak terbuka dan menyasar titik kumpul kalangan ekonomi bawah. Tak kurang dari 500 nasi bungkus dan air mineral dibagikan di jalan-jalan yang difokuskan di kecamatan dan Kota Tuban.
 
Adapun sumber bantuan berasal dari iuran para kader yang digalang melalui grup Whatsapp.
 
"Donasi ini kami khususkan kepada mereka yang sedang berjuang mencari nafkah untuk keluarganya. Mudah-mudahan ke depan bisa memberikan yang lebih kepada mereka yang benar-benar membutuhkan uluran tangan para dermawan," harapnya.
 
Karena itu, sambung dia, ke depan agar semakin banyak para dermawan terketuk hatinya untuk membagikan sedikit hartanya. "Tujuannya supaya bisa membantu pemerintah dalam meringankan beban hidup mereka," kata Irham.
 
Salurkan 70 Juta
Upaya mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19 di Tuban juga dilakukan oleh NU Care-LAZISNU dan LPBINU Tuban. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan adalah membagikan 7500 masker kepada warga, melakukan edukasi bahaya Covid-19, dan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah masjid, mushala, dan lembaga pendidikan.
 
Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Tuban, Ida Musthofa saat dikonfirmasi mengungkapkan gerakan ini merupakan ikhtiar PCNU untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, yang diteruskan hingga ke tingkat MWCNU bahkan tingkat Ranting se-Kabupaten Tuban.
 
"Sasaran utamanya adalah tempat ibadah dan lembaga pendidikan, dan ini sudah berjalan di beberapa MWCNU atau Kecamatan. Insyaallah minggu ini sudah merata di seluruh MWCNU," kata Ida Musthofa.
 
Ia memaparkan selain memberikan bantuan, yang juga penting adalah ajakan kepada masyarakat untuk jaga kebersihan, melakukan pola hidup sehat, dan sering cuci tangan.
 
Pendanaan semua kegiatan ini masing-masing dibiayai oleh MWCNU, serta LAZISNU Tuban. "Seperti masker kami disupport kurang lebih 250 buah per MWCNU. Dan ada beberapa MWC NUjuga membuat dan membagikan masker, seperti MWCNU Singgahan 1000 masker, Parengan membuat 2500 masker dan Plumpang 1500 masker," terangnya. 
 
Hingga saat ini total dana yang tersalurkan untuk bantuan tersebut mencapai 70 juta rupiah.
 
Sejumlah program lainnya juga telah dirancang seperti stimulus ekonomi, mengingat situasi seperti saat ini yang mempunyai pendapatan tidak pasti atau pas-pasan. 
 
"Harapan kami nantinya dengan keadaan seperti ini dapat memberikan gerakan bantuan berupa sembako bagi yang tidak mampu," pungkasnya.
 
 
Kontributor: Ahmad Tasyhudi
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile