Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Satgas NU Kalbar Terus Kawal Kepulangan Santri

Cegah Covid-19, Satgas NU Kalbar Terus Kawal Kepulangan Santri
Satgas Peduli Covid-19 PWNU Kalbar menyambut santri di Pelabuhan Dwikora Pontianak. (Foto: NU Online/Ulil)
Satgas Peduli Covid-19 PWNU Kalbar menyambut santri di Pelabuhan Dwikora Pontianak. (Foto: NU Online/Ulil)
Pontianak, NU Online
Satuan Petugas (Satgas) Peduli Covid-19 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar pengawalan bagi kepulangan santri yang baru pulang dari pondok pesantren di Jawa. Posko di Jalan Veteran Pontianak yang juga Kantor Sekretariat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalbar terlihat lebih sibuk dari biasanya. 
 
“Satgas Peduli Covid-19 melakukan penyemprotan dengan bahan disenfiktan kepada sejumlah barang bawaan santri, baik berupa tas, koper dan kardus,” kata Romawi Martin, Sabtu (4/4). 
 
Hal tersebut dilakukan di sejumlah titik baik melalui jalur udara di Bandara Supadio Pontianak dan jalur air di Pelabuhan Dwikora Pontianak. 
 
“Karena di dua lokasi tersebut sebagai pusat kedatangan santri dari Jawa, khususnya Jawa Timur,” ungkap Komandan Satgas yang mendapat amanah penuh dari PWNU Kalbar tersebut.  . 
 
Relawan Satgas NU juga memberikan semprotan anti bakteri hand sanitizer untuk area tangan dan kaki guna pencegahan terjadinya penularan. 
 
“Kepada para santri diarahkan agar tidak menyentuh hidung, mata dan mulut. Mereka juga perlu mendapat penjelasan tentang distancing atau menjaga arak saat pemberian arahan, pengawalan dan pendataan kepada santriwan santriwati yang baru pulang dari pondok di Jawa,” jelasnya. 
 
Sebelumnya, Satgas melakukan sosialisasi ini di beberapa pesantren, tempat ibadah, tempat umum dan komplek perumahan. Tim dibantu sejumlah relawan dari badan otonom dan lembaga NU yang sejak awal memang siap membantu. 
 
Disampaikan, suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Satgas NU pusat dan dibantu oleh tenaga medis, serta akademisi dosen dari Universitas Tanjungpura.  
 
“Juga berkat kerja sama Gerakan Pemuda Ansor Kalimantan Barat dengan menyerahkan bantuan berupa masker kain dan dari berbagai kalangan,” jelasnya. 
 
Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai kalangan yang dengan terbuka dan suka rela untuk mendukung kegiatan tersebut. Diharapkan kebersamaan tersebut dapat terus terjalin dengan tetap berharap bahwa bencana tersebarnya Covid-19 segera berakhir.
 
“Kita mendoakan agar virus Corona segera berakhir, namun semua kalangan tetap menjaga kebersamaan,” pungkasnya.
 
 
Kontributor: Ulil/Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
 
Posisi Bawah | Youtube NU Online