Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peduli Santri, LAZISNU Lampung Bakti Sosial di Pesantren Al Hamid Cinta Mulya

Peduli Santri, LAZISNU Lampung Bakti Sosial di Pesantren Al Hamid Cinta Mulya
Salah satu pengurus LAZISNU Lampung sedang mengecek kondisi santri. (Foto: Istimewa)
Salah satu pengurus LAZISNU Lampung sedang mengecek kondisi santri. (Foto: Istimewa)
Lampung Selatan, NU Online
Kepedulian Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Provinsi Lampung kepada para santri yang dipulangkan akibat pandemi Corona di Lampung diwujudkan dengan melakukan bakti sosial di Pesantren Al Hamid Cinta Mulya, Lampung Selatan, Ahad (5/4).
 
Dalam kegiatan tersebut, LAZISNU Lampung melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan para santri yang akan dipulangkan. Suhu badan dan beberapa aspek kesehatan lain diperiksa untuk memastikan para santri dalam kondisi prima. Selain itu, para wali santri yang menjemput juga diperiksa kesehatannya.
 
"Kami hadir untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Kami berpesan kepada para santri untuk terus menjaga kesehatan dan mematuhi kebijakan pemerintah dalam penanganan wabah ini," kata Ketua LAZISNU Lampung Hasanuddin Errezha kepada NU Online.
 
Selain pengecekan kesehatan, para santri juga dibekali hand sanitizer atau gel pembersih tangan serta masker yang digunakan selama perjalanan pulang. 
 
Gelombang pemulangan para santri dari seluruh pesantren di Indonesia memang terjadi dalam pekan ini. Langkah yang dilakukan pesantren ini merupakan kelanjutan dari instruksi yang dikeluarkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
 
Istruksi yang dikeluarkan PBNU dengan nomor: 3945/C.I.34/03/2020 tentang Protokol NU Peduli Covid-19 ini merupakan langkah dan upaya lanjut untuk menahan laju serta memutus rantai sebaran virus Covid-19.
 
Poin kelima dari instruksi tersebut ditujukan kepada seluruh pesantren yang berada di bawah naungan Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) diinstruksikan untuk meliburkan seluruh kegiatan pesantren dan meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak santri.
 
Sesampainya para santri ke daerahnya masing-masing ini juga sebagian disambut oleh LAZISNU kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Para santri dicek kembali kesehatannya disertai pesan untuk segera melapor ke pamong setempat.
 
Seperti yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Pringsewu yang bersinergi bersama Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 kabupaten setempat untuk melakukan pengecekan kesehatan di terminal Gadingrejo Pringsewu.
 
Para santri baik dari luar maupun dalam Provinsi Lampung mendapatkan masker dan pemeriksaan kesehatan guna memastikan Pringsewu terbebas dari virus Corona.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
Posisi Bawah | Youtube NU Online