Sambut Ramadhan, Pergunu Kota Bandung Siapkan Video Pendek

Sambut Ramadhan, Pergunu Kota Bandung Siapkan Video Pendek
Kegiatan PC Pergunu Kota Bandung sebelum merebaknya Covid-19. (Foto: NU Online)
Kegiatan PC Pergunu Kota Bandung sebelum merebaknya Covid-19. (Foto: NU Online)
Bandung, NU Online
Meskipun dalam kondisi sedang wabah virus Covid-19, namun jangan menjadi alasan untuk mengurangi khidmah. Segara ikhtiar harus dilakukan demi memastikan pengabdian kepada umat dan bangsa tidak kendor.
 
Semangat itu juga yang mengemuka dari Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bandung, Jawa Barat dalam mengadakan rapat bulanan. 
 
Koordinasi kali ini dilakukan secara dalam jaringan atau daring menggunakan aplikasi zoom meeting pada Sabtu malam (4/4). Kegiatan dipandu oleh Muhammad Irfansyah Maulana selaku Wakil Sekretaris PC Pergunu Kota Bandung di rumah masing-masing dengan peserta 39 orang. 
 
Rapat bulanan membahas program kerja, selain menyikapi permasalahan aktual seperti soal Covid-19. Salah satu yang dibahas terkait bulan Ramadhan yang jatuh pada April hingga Mei. 
 
“Dari rapat tersebut, ada rencana membuat jadwal imsakiyah Pergunu Kota Bandung,” kata Enjang Sunandar selaku Ketua PC Pergunu Kota Bandung. 
 
Selain itu diadakan program pesantren Ramadan dengan membuat pengajian dengan media online atau live streaming lewat fasilitas instagram. Begitu juga membuat video kuliah singkah dengan durasi 3 menit.
 
“Program kerja lainnya, pengadaan KTA atau Kartu Tanda Anggota dengan pengisian data dilakukan secara terpusat melalui link pendaftaran anggota yang dimiliki oleh Pergunu Pusat,” jelas dia. Sedangkan dalam menghadapi hari pendidikan nasional atau Hardiknas di bulan Mei akan mengadakan seminar melalui media daring, lanjutnya. 
 
Program lainnya, seluruh pengurus membuat tulisan, gambar atau video berupa ucapan Hardiknas dan akan diunggah di media sosial Pergunu Kota Bandung. 
Enjang Sunandar memberikan apresiasi kepada Tim NU Peduli Covid-19 NU Kota Bandung khususnya para pengurus yang terlibat aktif dan senantiasa berjuang melakukan sosialisasi dan pencegahan virus Corona. 
 
Terkait KTA, Enjang mengatakan, dirinya memberikan perhatian khusus.
"Keberadaan KTA sangat penting karena menjadi pusat data para anggota Pergunu dan menyatakan jumlah anggota secara administratif," katanya. 
 
Rifa Anggyana menyampaikan, Pergunu Kota Bandung mendapatkan perhatian dari kepengurusan lainnya karena aktif di media sosial mapun berkegiatan. Hal ini tentu saja mendapat banyak apresiasi dari wilayah dan pusat. 
 
"Terima kasih kepada para pengurus yang sudah sedia untuk kompak dan masih loyal kepada Pergunu yang dibuktikan dengan banyaknya pengurus yang berpartisipasi pada rapat online ini," jelas Sekretaris PC Pergunu Kota Bandung tersebut.
 
Dikemukakan bahwa Pergunu Kota Bandung juga dipercaya NUCare-LAZISNU untuk bekerja sama dalam menggalakkan program Koin NU. Hal tersebut tentu untuk kemandirian ekonomi.
 
 
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile