Shalawat Jibril Iringi Tiang Pancang Pertama Pembangunan Gedung RSINU Demak

Shalawat Jibril Iringi Tiang Pancang Pertama Pembangunan Gedung RSINU Demak
Kegiatan dimulainya pembangunan Gedung RSINU Demak dengan pembacaan manakib (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Kegiatan dimulainya pembangunan Gedung RSINU Demak dengan pembacaan manakib (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Demak, NU Online
Pembacaan manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, shalawat Jibril seribu kali, dan doa bersama yang dipimpin para kiai NU mengawali prosesi penanaman tiang pancang pertama pembangunan gedung Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak Jawa Tengah.
 
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak, KH  Muhammad Aminuddin mengatakan, sebelum penanaman tiang pancang dilakukan doa bersama,  oleh sejumlah kiai yang dihadirkan sangat terbatas demi memenuhi protokol kesehatan dan mengurangi potensi kerumunan massa.
 
"Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jilani dibacakan Wakil Rais PCNU Kiai Aliyul Adhlan, sedang pembacaan shalawat Jibril seribu kali dipimpin Ketua Umum MUI Demak Kiai Muhammad Asyiq," kata Kiai Aminuddin sebelum prosesi penanaman  tiang pancang pertama atau Ground Breaking Ceremony Pembangunan Gedung RSINU Demak, Ahad (5/4).
 
Dikatakan, gedung berlantai tiga ini dikerjakan kontraktor PT Sinar Cerah Sampurna (SCS), dijadwalkan proses pembangunan akan selesai dalam kurun waktu  delapan bulan.
 
"Gedung tiga lantai ini dibangun di atas lahan seluas enam ribu meter, menelan biaya sebesar Rp28 miliar. Sebagian di antaranya bersumber dari program pembiayaan dari Bank Mega Syariah. Dijadwalkan awal tahun depan gedung tiga lantai ini sudah bisa dimanfaatkan seluruhnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.
 
Penanaman tiang pancang pertama pembangunan ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan berama-sama oleh para kiai, direksi RSINU Demak, pimpinan NU Demak, panitia pembangunan,  dan Branch Manager Bank Mega Syariah Semarang, Budi Astuti.
 
Direktur RSI NU Demak, H Abdul Aziz mengatakan, rencana pemanfaatan gedung tiga lantai ini meliputi lantai pertama disiapkan untuk  fasilitas Instalasi Gawat Darurat, Radiologi, dan Laboraturium.
 
"Lantai kedua untuk poliklinik berbagai macam penyakit, unit rawat jalan dan perkantoran, sedangkan lantai tiga untuk fasilitas rawat inap berbagai kelas,  termasuk VIP dan VVIP," paparnya.

Dijelaskan, areal parkir yang saat ini dijadikan lokasi pengembangan bangunan  dipindah di sisi kanan dan belakang rumah sakit, menempati areal tanah Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Demak.
 
Menurutnya, pihak rumah sakit dan BKM Demak telah bersepakat untuk mengelola areal parkir itu dengan menambah berbagai macam fasilitas di antaranya pusat kuliner dan taman bermain anak-anak yang terjamin sisi kualitas  higinis, kebersihan, maupun  kesehatannya.
 
Fasilitas ini lanjutnya,  disiapkan untuk  menambah kenyamanan para pengunjung pasien yang sedang menjalani perawatan, rawat inap atau untuk menunggu giliran antri pelayanan rawat jalan.
 
Branch Manager Bank Mega Syariah Semarang, Budi Astuti mengatakan, kucuran dana pembiayaan yang dialokasikan untuk mendukung proyek pembangunan gedung RSINU Demak ini disalurkan secara bertahap sesuai  dengan kebutuhan dari kegiatan pembangunan yang telah  dijadwalkan.
 
"Ini adalah bentuk kehati-hatian bersama antara kami dengan RSINU Demak dan pelaksana pembangunan tanpa bermaksud mengurangi rasa saling percaya di antara kami. Trust dan Prudent sama-sama kami junjung tinggi," ujarnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile