Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Satgas NU Peduli Covid19 Bagikan Ratusan Nasi Kotak Plus Air Mineral

Satgas NU Peduli Covid19 Bagikan Ratusan Nasi Kotak Plus Air Mineral
Satgas NU eduli Covid-19 sedang membagikan nasi kotak kepada penyedia jasa ojek dari di Jakarta Pusat, Ahad (5/4) siang.
Satgas NU eduli Covid-19 sedang membagikan nasi kotak kepada penyedia jasa ojek dari di Jakarta Pusat, Ahad (5/4) siang.
Jakarta, NU Online
Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 menggelar bakti sosial di Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Ahad (5/4) siang. Mereka membagikan ratusan nasi kotak lengkap dengan air mineral kepada warga dhuafa di jalan yang tidak jauh dari Kantor PBNU.

Kegiatan ini diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat kecil akibat dampak Covid-19. Aksi kemanusiaan ini mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat terutama para driver ojek online, supir taksi, pekerja pinggir jalan dan kaum dhuafa. Dalam waktu itungan menit, ratusan nasi kotak yang disiapkan Satgas NU Peduli Covid-19 langsung habis tanpa sisa.

Ucapan terima kasih tak berhenti terucap oleh masyarakat yang menerima bantuan ini. Mereka berterima kasih merasa sedikit terbantu oleh aksi-aksi kemanusiaan NU Care tersebut di tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat akibat kebijakan sosial distancing atau jaga jarak fisik.

Salah seorang pengemudi ojek online merasa sangat terharu sekali dengan bantuan nasi kotak ini mengingat sepinya pengguna ojek online yang berakibat pada minimnya pendapatan yang akan dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Bantuan nasi kotak ini dapat mengurangi pengeluaran mereka.

Anggota Satgas NU Peduli Covid-19 M Wahib Emha yang memimpin langsung aksi kepeduliaan ini mengatakan, “Satgas NU Peduli Covid-19 memiliki program preventif, promotif, dan sosial ekonomi.”

Wahib yang juga Ketua Lembaga Penanggulangan Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) DKI Jakarta yang menambahkan, 

Selain pembagian nasi kotak, aksi kepedulian yang dilakukan Satgas NU Peduli Covid-19 meliputi penyampaian informasi melalui mobil keliling atau Car Of Covid (COC), penyemprotan cairan disinfektan di berbagai tempat ibadah, sekolah, dan pemukiman padat penduduk, pembagian hand sanitizer atau cairan pembersih tangan, pembagian masker, pemasangan wastafel di beberapa gang.

“Semuanya diberikan secara gratis kepada masyarakat," kata Wahib.

Ia menceritakan, beberapa waktu lalu Satgas NU Peduli Covid-19 membagikan 100.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak yang dikhususkan untuk kaum disabilitas di berbagai wilayah di DKI Jakarta. Semua diberikan secara bertahap.

Satgas NU Peduli Covid-19 tidak hanya terdapat di Jakarta, namun juga di berbagai wilayah dan provinsi lain di Indonesia. NU hadir dan akan selalu hadir untuk membantu masyarakat dan bangsa yang dalam kondisi kesulitan seperti ini, kata Wahib.
 

Editor: Alhafiz Kurniawan
Posisi Bawah | Youtube NU Online