Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ringankan Beban Warga, Ansor di Bekasi Bagikan Sembako

Ringankan Beban Warga, Ansor di Bekasi Bagikan Sembako
Ansor di kawasan Bekasi membagikian paket Sembako kepada warga. (Foto: NU Online/Agus M)
Ansor di kawasan Bekasi membagikian paket Sembako kepada warga. (Foto: NU Online/Agus M)
Bekasi, NU Online
Imbas tersebarnya virus Corona, hampir seluruh sendi kehidupan lumpuh. Karena demikian peduli dengan keselamatan jiwa, pemerintah akhirnya memberlakukan sejumlah aturan yang membatasi warga keluar rumah. 
 
Namun keputusan ini bukannya tanpa risiko. Imbasnya, banyak masyarakat yang mengalami penyusutan penghasilan bahkan sulit untuki bisa bertahan hidup. 
 
Karenanya, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan kegiatan sosial dengan membagikan paket sembilan bahan pokok atau Sembako. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk meringankan para buruh harian, tukang ojek, hingga fakir maupun miskin yang terdampak langsung akibat wabah Corona.
 
Puluhan paket yang berisikan beras, minyak dan sejumlah uang dibagikan kemasyarakat sekitaran desa Kecamatan Tarumajaya, Senin  (6/4).
 
“Semenjak pemerintah mengeluarkan maklumat kepada masyarakat untuk tidak berpergian jauh dan menjaga physical distancing atau jaga jarak ketika di luar rumah pendapatan warga menurun drastis,” kata Jumadi. 

Menurut Sekretaris PAC GP Ansor Tarumajaya tersebut, adanya maklumat dari pemerintah dalam memutuskan mata rantai virus Corona berimbas langsung pendapatan masyarakat lapisan bawah.
 
“Untuk meringankan kebutuhan mereka yang sudah tidak bekerja lagi akibat maklumat pemerintah karena virus Corona, kami bagikan paket Sembako,” ujarnya.
 
Sebagai solusi, Jumadi pun berharap akan ada terobosan agar kesulitan warga dapat segera teratasi dengan baik. Salah satu cara yang layak diambil adalah pemerintah desa agar memanfaatkan dana untuk pananganan wabah virus Corona. 
 
“Kami berharap pemerintah desa dapat menggunakan dana desa untuk pencegahan ataupun penaggulangan dampak ekonomi masyarakat akibat virus Corona,” ungkapnya.
 
Di pihak lain, apa yang dilakukan Ansor dengan berbagai Sembako sebagai kabar gembira dan demikian ditunggu. Warga yang mendapatkan paket tersebut merasa senang karena Ansor Tarumajaya demikian peduli atas penderitaan sesama. Apalagi di kawasan setempat selama ini belum ada uluran dari pihak pemerintah kabupaten maupun desa.
 
“Alhamdulillah, terima kasih banyak mas, memang ekonomi sekarang sedang sulit ini. Mudah-mudahan Corona cepat hilang,” ujar salah seorang warga. 

 
Kontributor: Agus Muhammad
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile