Antisipasi Zona Merah, NU Peduli Covid-19 Lumajang Bagikan Sembako

Antisipasi Zona Merah, NU Peduli Covid-19 Lumajang Bagikan Sembako
Tim Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang berfoto bersama di salah satu desa yang berstatus zona merah. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Tim Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang berfoto bersama di salah satu desa yang berstatus zona merah. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Lumajang, NU Online

Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 Lumajang, Jawa Timur bergerak cepat mengantisipasi warga terdampak Covid-19 dengan membagikan ratusan paket sembako. Satgas NU Peduli Covid-19 menyasar beberapa desa yang berstatus zona merah di kota pisang itu. Sebab, daerah yang berstatus zona merah, perlakuan warganya lebih ‘ketat’ dibanding yang bukan zona merah. Sehingga secara ekonomi juga mengalami penurunan.

 

“Kami memang sepakat untuk memprioritaskan zona merah sebagai sasaran aksi kami, baik itu penyemprotan disinfektan maupun pembagian sembako,” ujar Koordiantor Satgas, Wendra Wijaya di sela-sela aksi bagi-bagi sembako, Senin (6/4).

 

Menurut Wendra, secara umum saat ini masyarakat pada menjerit karena kesulitan pangan. Sebab munculnya Covid-19, tidak hanya mengancam daan merenggut nyawa manusia, tapi juga berpotensi mematikan kepul asap dapur. Oleh karena itu, Satgas NU Peduli Covid-19 berinisiatif membagikan sembako dengan sistem jemput bola untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

 

“Ya kita datang ke rumahnya satu-persatu untuk diberikan paket sembako,” jelas Wendra.

 

Adapun daerah zona merah yang disambangi Satgas NU Peduli Covid-19 adalah Desa Krasak Kecamatan Kedungjajang. Di desa tersebut diberikan 86 paket sembako untuk warga kurang mampu. Kemudian Satgas bergerak ke Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung, dengan menyerahkan 18 paket sembako. Dan terakhir di Pesantren Al-Afkar, Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono dengan menyerahkan 10 paket sembako.

 

“Namun di luar zona merah, juga kami bagikan sembako sehingga jumlahnya mencapai 120 paket,” urai Wendra yang juga Ketua LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama) Lumajang itu.

 

Sementara itu, Wakil Ketua (Koodinator Bidang LAZISNU) PCNU Lumajang, Jawa Timur, Akhmad Salakhuddin mengajak segenap lapisan masyarakat untuk menyisihkan sebagian rezekinya guna meringankan beban hidup warga terdampak Covid-19. Dikatakannya, menangulangi penyebaran Covid-19 merupakan tanggungjawab bersama, karena wabah ini merupakan bencana nasional.

 

Alhamdulillah, kami bekerjasama dengan PWNU Jawa Jawa Timur, NU Care-LAZISNU, bisa membagikan paket sembako itu. Siapa mau menysul?” pungkasnya.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile