Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ungkap Tips Belajar Ke Luar Negeri, IPNU Kudus Ajak 'Ngopi' Via Instagram Malam Ini

Ungkap Tips Belajar Ke Luar Negeri, IPNU Kudus Ajak 'Ngopi' Via Instagram Malam Ini
Flyer "Ngopi" Pelajar NU Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Dok. IPNU Kudus)
Flyer "Ngopi" Pelajar NU Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Dok. IPNU Kudus)
Kudus, NU Online
Di tengah pandemi Covid-19, Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tetap menggelar diskusi. Namun, diskusi yang diberi nama Ngobrol Inspirasi (Ngopi) ini digelar dalam jaringan (daring) atau online.

Koordinator acara, Musthofa Zaenurrohman, menyampaikan bahwa diskusi melalui siaran langsung di akun Instagram IPNU IPPNU Kudus ini akan mengambil tema 'Tips Belajar Ke Luar Negeri'.

Tujuan digelarnya diskusi daring tersebut, kata dia, dalam rangka memfasilitasi pelajar Indonesia, khususnya Kabupaten Kudus, yang bercita-cita melanjutkan belajar di mancanegara. Melihat situasi yang tidak kondusif gegara wabah virus Corona, menurutnya, diskusi daring lebih tepat.

“Mengingat pelajar kelas tiga SMA sederajat telah dinyatakan lulus, tentu mereka mempunyai cita-cita untuk kuliah termasuk ke luar negeri. Sehingga kami memfasilitasi mereka dengan diskusi online,” ujarnya kepada NU Online melalui telepon pintar, Selasa (7/4). 

“Nah, dengan keadaan sekarang di mana Covid-19 masih menyerang, jadi kami putuskan untuk mengindahkan imbauan pemerintah,” sambung Musthofa.

Ia menambahkan, harapan besar bagi kader IPNU agar bisa melanjutkan pendidikan tidak hanya di dalam negeri, karena kader IPNU menjadi ujung tombak IPNU di masa depan. Ini dapat dijadikan sebagai ajang pembuktian bahwa pelajar yang aktif di IPNU bisa menjadi pelajar sukses di bidang akademik dan kemandirian.

Diskusi daring ini, lanjut dia, rencananya digelar Senin (7/4) malam. Sekira pukul 19.30 WIB. Narasumber "Ngopi" yakni Lukman Al Khakim, mahasiswa University of The Holy Qur’an And Islamic Science, Omdurman Sudan. Lukman tercatat pernah menjadi pengurus PC IPNU Kudus periode 2016-2018. 
 
Menurut dia, diskusi yang dijadwalkan selama satu jam nantinya disiarkan langsung dari dua negara, Sudan dan Indonesia. Ia menjelaskan, diskusi daring yang pertama kali diselenggarakan ini diharapkan menjadi pembuka "ngopi" berikutnya.

“Diskusi ini terbuka untuk umum serta dapat diikuti melalui streaming di akun Instagram @ipnuippnukudus malam ini. Monggo yang longgar waktunya untuk bergabung,” ajak Musthofa.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
 
Posisi Bawah | Youtube NU Online