Upaya Nahdliyin Kota Depok Bantu Ketahanan Pangan di Tengah Covid-19

Upaya Nahdliyin Kota Depok Bantu Ketahanan Pangan di Tengah Covid-19
Warga NU mengemas bantuan sembako yang akan dibagikan kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: istimewa)
Warga NU mengemas bantuan sembako yang akan dibagikan kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: istimewa)
Depok, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, Jawa Barat menginstruksikan kepada semua MWC dan ranting-ranting NU di seluruh Kota Depok untuk bersama saling bersinergi melakukan gerakan NU Depok Peduli Covid-19.
 
Setelah menyebarkan tim penyemprotan desinfektan hampir ke seluruh wilayah Depok yang masih terus berlanjut, sejak pekan pertama April, PCNU Kota Depok mulai memberikan penguatan ketahanan pangan bagi warga terdampak Covid-19. Upaya tersebut dengan melakukan penggalangan dana dan menyalurkannya dalam bentuk kebutuhan pokok.
 
Beberapa masjid dan yayasan sudah langsung melakukan aksi konkret. Di antaranya Yayasan Mahir Arriyadh Husnayain yang dipimpin oleh Katib Syuriyah PCNU Kota Depok, Kiai Nasihun Syahroni. Dalam waktu empat hari menggalang dana langsung mendistribusikan 250 paket sembako. Hasil dari penggalangan donasi jamaah dan diantar langsung oleh relawan jamaah Dzikrulghofilin Mantab kepada warga terdampak Covid-19.
 
Posko kegiatan ini dilakukan di rumah Puryanto yang juga Bendahara LAZISNU Kota Depok dan koordinator lapangan oleh Hafied Nur Siddiqi, Ketua LAZISNU danFakhrurrozy, Ketua LDNU Kota Depok.
 
Sementara di wilayah MWCNU Beji, Pesantren Al Hikam, Kukusan yang didirikan oleh Almaghfirullah KH Hasyim Muzadi, juga melakukan gerakan serupa. Selain itu Masjid Baytul Karim, Beji yang diketuai KH Ahmed Mahfudz, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok juga melakukan penggalangan dana warga sekitar masjid untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan.
 
Di kalangan generasi muda pun tidak ketinggalan, IPNU-IPPNU Sawangan juga melakukan gerakan dengan tagar saling bantu membantu untuk meringankan beban ekonomi guru ngaji dan pekerja harian terdampak covid-19. Begitu juga dengan PC PMII Depok yang melakukan gerakan pembagian seribu kotak nasi dan pembagian hand sanitizer untuk pekerja harian dan warga terdampak covid-19.
 
Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bisa melakukan donasi langsung ke panitia di masing-masing lembaga/badan, masjid, pesantren, yayasan, dan ranting NU terdekat. Atau bisa juga melalui LAZISNU Kota Depok.
 
Gerakan ketahanan pangan warga terdampak Covid-19 ini diharapkan oleh Ketua PCNU Kota Ddepok, Ustadz Achmad Solechan supaya terus bergulir dengan cepat di semua wilayah Depok. Langkah ini sebagai bagian dari kepedulian Nahdliyin baik yangg dilakukan oleh lembaga-lembaga, banom, ranting, MWCNU dan yang dilakukan secara mandiri oleh masjid, pesantren, yayasan, maupun komunitas.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile