Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pengalaman IAIA Samalanga Aceh Gelar Sidang Skripsi Online Pertama

Pengalaman IAIA Samalanga Aceh Gelar Sidang Skripsi Online Pertama
Ujian skrpisi di IAIA Samalanga dengan fasilitas aplikasi telekonferensi Zoom. (Foto: NU Online/Helmi)
Ujian skrpisi di IAIA Samalanga dengan fasilitas aplikasi telekonferensi Zoom. (Foto: NU Online/Helmi)

Bireuen, NU Online
Institut Agama Islam Al-Aziziyzh (IAIA) Samalanga, Bireun, Aceh menggelar sidang skripsi dalam jaringan (daring) atau online pertamanya selama masa perpanjangan bencana pandemi virus Corona. Sementara untuk teknis pelaksanaan sidang, pihak rektorat menyerahkan ke masing-masing fakultas dan program studi (prodi).
 
Humas IAIA Samalanga Tgk  Riandi Syafri menyebutkan mekanisme dan tata cara penilaian sidang juga diserahkan ke fakultas dan Prodi. Keleluasaan ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas proses sidang dan ujian.
 
“Ini sidang perdana daring selama Covid-19 dipelopori Fakultas Tarbiyah IAIA Samalanga. Skripsi tersebut dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing dan penguji melalui aplikasi telekonferensi Zoom,” uja guru senior DJA Kuta Glee Batee Ileik ini, Selasa (7/4).
 
Doktor kelahiran Jambi tersebut menjelaskan sesi pertama diisi dengan persiapan dan tanya jawab pembimbing. Selanjutnya sesi dua diisi dengan tanya jawab tim penguji. Kemudian sesi ketiga briefing penilaian dan pembacaan yudisium.
 
“Dengan berlangsungnya ujian skripsi secara daring tersebut, diharapkan dapat memacu mahasiswa dari Prodi lain untuk dapat menyelesaikan skripsinya di tengah suasana pandemi Covid-19,” ungkapnya. Ujian skripsi online juga dapat mempersingkat masa studi mahasiswa di IAIA Samalanga karena mahasiswa tidak perlu menunggu hingga semester depan, lanjutnya.
 
Sementara itu Dekan Fakultas Tarbiyah IAIA Samalanga Tgk Mujiburrahman mengatakan sekitar 122 mahasiswa yang akan disidangkan dalam beberapa ke depan telah lama menyiapkan berkas. Namun faktor Covid-19 harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
Dirinya berharap mahasiswa yang namanya termasuk dari 122 mahasiswa fakultas tarbiyah sebagian telah disidangkan dan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan untuk mempersiapkan diri. 
 
“Alhamdulillah sidang skripsi via online berlangsung lancar dan sukses sebagaimana yang diharapkan," ungkapnya.

Pantuan media ini, salah seorang mahasiswi bernama Raziatul Khamisah mengajukan judul ‘Strategi Guru dalam Menungkatkan Motivasi Belajar Agama di SMAN 1 Muara Tiga Pidie’. Skripsi di bawah bimbingan Tgk Amiruddin dan Tgk Mursal tersebut berlangsung alot.
 
Meskipun lewat daring dengan penguji Tgk Saiful Bahri dan Tgk Muhammad Kharazi, Raziatul Khamisah tidak grogi dan mampu menjawab serta mempertahankan skripsinya dan dengan yudisium istimewa.
 
 
Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile