Gandeng Tim Gugus Tugas Covid-19, Ansor Kotawaringin Barat Berikan Layanan 24 jam

Gandeng Tim Gugus Tugas Covid-19, Ansor Kotawaringin Barat Berikan Layanan 24 jam
Ansor Banser Kotawaringin Barat bersama tim gugus tugas Covid-19 bagikan cairan disinfektan (Foto: NU Online/Suhud Mas'ud)
Ansor Banser Kotawaringin Barat bersama tim gugus tugas Covid-19 bagikan cairan disinfektan (Foto: NU Online/Suhud Mas'ud)
Kotawaringin Barat, NU Online
Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menerjunkan ratusan Barisan Ansor Sebaguna (Banser) pada Rabu (8/4). 
 
Kegiatan kali ini bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 BPBD Kobar dengan memberikan layanan bagi para pengguna jalan berupa tes suhu badan dan pembagian disinfektan.
 
Upaya dalam memutus virus corona yang digelar di jalan Ahmad Yani tepatnya simpang Sukamandang Desa Amin Jaya Kecamatan Pangkalan Banteng itu juga dilengkapi dengan petugas dari Dinas terkait beserta TNI-Polri.
 
Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kobar, Jaty Suminto mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan selama 4 hari dan akan ditutup sesuai anjuran dari Pemda Kobar. Dengan waktu pelayanan 24 jam non-stop maka teknisnya pun dibagi menjadi tiga shif secara bergantian.
 
"Kami berbagi tugas, setiap shif 4 personil Banser. Tujuannya agar aksi sosial ini tidak mengganggu aktivitas pekerjaannya," tandasnya kepada NU Online.
 
Ungkapan senada juga disampaikan oleh Kasatkoryon Pangkalan Banteng, Ahmad Rifa'i, sebagai daerah tempat kegiatan dilaksanakan jajaranya yang paling banyak terlibat. Meski demikian, dari puluhan anggota Banser yang ada semuanya mendukung aksi ini.
 
Selain kegiatan bersama Pemda Kobar, Ansor dan Banser juga sudah membuat Pos Gugus Tugas program dari Nahdlatul Ulama (NU) di setiap PAC bahkan ranting. Hal ini disampaikan oleh Ketua PC GP Ansor Kobar, Muhammad Abdul Malik yang sekaligus didaulat menjadi Ketua Gugus Tugas Covid-19 NU.
 
Ia menjelaskan aksi sosial dalam penanggulangan penyebaran virus ini sudah berjalan hampir 1 bulan. Dalam aksi tim gabungan kali ini dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten, Ansor ikut menyumbangkan ribuan botol air disifektan yang dibagikan kepada warga dan sejumlah pengguna jalan raya. 
 
"Sudah menjadi kewajiban Ansor dan Banser untuk peduli dalam upaya penanggulangan wabah covid-19 ini. Ini adalah bagian dari wujud ikhtiar dan kecintaan kami kepada bangsa dan negara ini," tandasnya. 
 
Meski dalam kondisi sulit, sambung Abbul Malik, apa yang disampaikan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah masyarakat Kobar pun harus tetap mengikuti. Hal itu dinilai sebagai langkah yang paling tepat dalam situasi saat ini. 
 
Bahkan dirinya juga mengintruksikan kepada seluruh jajaran Ansor dan Banser se Kobar agar selalu mendukung semua upaya pemerintah dalam memutus penyebaran virus ini.
 
"Semuanya merasakan sulit dalam berbagai persoalan yang dihadapi. Kami pun merasakan hal yang sama. Namun demikian persoalan keselamatan harus menjadi prioritas. Maka anjuran pemerintah harus kita taati berasama," pungkasnya.

Kontributor: Suhud Mas'ud
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile