Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Turut Prihatin Covid-19, Fatayat NU Rembang Bagikan APD dan Sembako

Turut Prihatin Covid-19, Fatayat NU Rembang Bagikan APD dan Sembako
Perwakilan PC Fatayat NU Rembang mengantarkan langsung APD dan cairan pembersih tangan ke rumah sakit setempat. (Foto: Dok. Fatayat NU Rembang)
Perwakilan PC Fatayat NU Rembang mengantarkan langsung APD dan cairan pembersih tangan ke rumah sakit setempat. (Foto: Dok. Fatayat NU Rembang)
Rembang, NU Online
Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ikut bergerak dan berkontribusi dalam menangani wabah virus Corona (Covid-19) di daerahnya. Gerakan itu diwujudkan dengan cara berbagi Alat Perlindungan Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit di Rembang.

Ketua PC Fatayat NU Rembang, Raabiatul Bisyriyah, mengatakan pihaknya didampingi perwakilan pengurus organisasi perempuan muda NU ini mengantarkan langsung bantuan ke RSUD dr Soetrasno, dan RSI Arafah, Kamis (9/4). 

“APD dan sejumlah perlengkapannya itu kami antar langsung bersama perwakilan pengurus Fatayat NU Rembang. Saat ke rumah sakit, tentu mengikuti standar operasional, yakni tidak perlu terlalu banyak orang, memakai masker, dan menjaga jarak minimal 1 meter,” ungkapnya.

“Kami membawa 90 pakaian APD, 180 masker, serta 100 botol hand sanitizer (cairan pencuci tangan) berukuran 250 mili liter untuk dua rumah sakit yang ada di Rembang,” papar Ning Iyah. 

Ning Iyah, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kegiatan berbagi APD tersebut merupakan bentuk keprihatinan Fatayat NU Rembang terhadap tenaga medis. Pasalnya, merekalah yang menjadi garda terdepan menghadapi pandemi Covid-19. Sedangkan jumlah APD sangat terbatas.

Putri keempat KH Mustofa Bisri (Gus Mus) ini mengaku, Fatayat NU bersama MataAir Radio dan para donatur lain sebelumnya telah mengumpulkan dana. Pengumpulan itu untuk menjalankan misi berbagi yang telah diprogramkan sejak beberapa hari lalu.

Selain berbagi APD, Selasa (7/4) kemarin, Fatayat NU Rembang juga membagikan sembako kepada masyarakat kecil terdampak Covid-19. Ia menyebut ada 126 paket sembako yang terdiri dari beras, gula pasir, mie instan, dan minyak goreng.

Untuk menyemangati kegiatan berbagi APD dan sembako tersebut, lanjut dia, Fatayat NU Rembang mengusung tagline ‘Fatayat Bergerak Lawan Covid-19. Jaga Diri. Jaga Keluarga. Jaga Sesama.’

Ning Iyah berharap, aksi berbagi tersebut bermanfaat bagi masyakarat. “Kita juga berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” harapnya.

Di tempat terpisah, pengurus PC Fatayat NU bidang sosial ekonomi, Syafaah juga berharap bantuan yang diberikan dalam rangka memperingati Harlah Fatayat NU tersebut bermanfaat bagi kedua rumah sakit dalam menangani pandemi Covid-19.

Syafaah menambahkan, untuk memaksimalkan anggaran maka dipilihlah dua rumah sakit saja. Pemilihan dua rumah sakit itu telah dipertimbangkan dengan matang mengingat terbatasnya anggaran organisasi.

“Meskipun rumah sakit yang ditunjuk untuk penanganan virus Covid-19 di Rembang sebenarnya ada tiga, namun mengingat anggaran kami tidak banyak, kami memilih RSUD dr Soetrasno dan RSI Arafah,” ungkapnya.

Dua rumah sakit tersebut adalah RSUD dr Soetrasno yang beralamat di Jl Pahlawan No 16, Kabongan Kidul. Lalu, RSI Arafah yang berada di Jl Rembang-Lasem Km 5, Pangkalan, Tritunggal. Keduanya masuk wilayah Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
Posisi Bawah | Youtube NU Online