Hanya 4 Jam, NU Peduli Covid-19 Pringsewu Kumpulkan 45 Juta dan 5 Ton Beras Lebih

Hanya 4 Jam, NU Peduli Covid-19 Pringsewu Kumpulkan 45 Juta dan 5 Ton Beras Lebih
Poster NU Peduli Kabupaten Pringsewu, Lampung. (Foto:Istimewa)
Poster NU Peduli Kabupaten Pringsewu, Lampung. (Foto:Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Tidak butuh waktu lama bagi Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu, Lampung untuk mengumpulkan dana yang nantinya akan dialokasikan untuk aksi mereka. Hanya dalam waktu 4 jam, donasi yang hanya dilakukan via grup WhatsApp, mampu mengumpulkan uang sebesar 45 juta lebih. Selain itu bantuan logistik juga diterima yakni berupa 5 ton beras lebih.
 
"Kita laksanakan Giat Open Donasi Jumat Berkah untuk aksi kemanusiaan dalam situasi wabah Corona saat ini. Alhamdulillah respon masyarakat khususnya keluarga besar NU Pringsewu sangat tinggi," kata H Agil Marsudi Ketua Gugus Tugas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Pringsewu, Jumat (10/4).
 
Open donasi menurutnya dibuka pada Jumat (10/4) mulai pukul 10.00 WIB. Sampai dengan pukul 14.00 WIB sudah terkumpul Rp. 45.150.000 dan beras sebanyak 5,3 ton. Open donasi ini akan terus dibuka dan jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah.
 
Dalam situasi musibah seperti ini menurutnya, kepedulian bersama memang perlu dibangun. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Dengan donasi ini, NU Peduli memberi kesempatan umat Islam untuk bersedekan dalam rangka meraih keberkahan songsong Ramadhan.
 
Donasi yang masuk ini menurut Ndan Marsudi, sapaan karibnya, akan dialokasikan untuk beberapa barang logistik di antaranya 100 paket sembako, 1.000 masker, 25 paket bisyaroh guru ngaji, cairan disinfektan, dan Alat Pelindung Diri (APD).
 
Untuk menyalurkan paket-paket ini lanjutnya, NU Peduli sudah membuat struktur relawan di tingkat kecamatan sampai ranting. Gugus tugas di setiap levelnya terus melakukan koordinasi dan komunikasi untuk memantau kebutuhan-kebutuhan di daerahnya.
 
Bendahara NU Peduli Pringsewu, Kabul Muliarto menambahkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan pihaknya merupakan wujud kepedulian untuk mengurangi beban hidup yang harus ditanggung masyarakat di tengah wabah yang belum mereda ini.
 
"Sudah saatnya kita melakukan berbagai upaya. Selain sterilisasi lingkungan dari virus melalui penyemprotan, kepedulian membantu kebutuhan hidup orang yang terdampak juga perlu ditumbuhkan," katanya.
 
Ia memberi apresiasi kepada pengurus dan warga NU yang begitu pihaknya membuka open donasi, mereka berbondong-bondong membantu. Selain perorangan, berbagai lembaga dan badan otonom NU bergerak cepat menyalurkan bantuannya seperti PCNU dengan 5 ton berasnya, Muslimat dengan uang 19 juta, Fatayat dengan uang 1,5 juta dan LAZISNU Kabupaten Pringsewu dengan dana sebesar 10 juta.
 
Bagi masyarkat luas yang ingin berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkan bantuannya melalui salah satu rekening berikut: 035801016988532 (BRI) dan 0791720380 (BNI Syariah), 901.04.00001(BMT NU Pringsewu) atas nama LAZISNU Kabupaten Pringsewu.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile